Ketahui Jenis-Jenis Influencer Untuk Strategi Marketing Bisnis

Tenang! Ekonomi Indonesia bisa Bertahan dari Dampak Virus Corona, Begini Caranya
March 6, 2020
Mengenal User Generated Content Untuk Bisnis Marketing
March 10, 2020
Show all

Di era digital saat ini, keberadaan influencer cukup dibutuhkan sebagai strategi marketing bagi sebuah bisnis. Influencer sendiri lebih sering dilabeli dalam social media, Instagram. Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau pengikut cukup banyak di Instagram. Influencer memiliki pengaruh terutama terhadap pengikutnya sehingga memunculkan sebuah interaksi dan ketertarikan sendiri.

Seiring perkembangan marketing, influencer dibedakan dalam beberapa jenis sesuai dengan jumlah followers. Pengelompokkan influencer diyakini banyak marketer menentukan jangkauan target konsumen lebih luas. Influencer dengan jumlah followers besar dianggap mampu menciptakan peluang lebih luas untuk menjangkau pasar.

Labeling influencer kepada seseorang memang tidak ada ketentuan. Asalkan memiliki followers puluhan ribu atau telah mendapat verifikasi resmi dari instagram dengan tanda centang biru, maka tidak salah kalau disebut sebagai influencer. Namun demikian, followers besar yang dimiliki seorang influencer biasanya didapat dari unggahan konten menarik. Sebagian influencer berasal dari orang biasa yang kemudian menciptakan konten dengan daya tariknya secara terus-menerus. Namun, sebagian lain juga banyak yang berasal dari artis, musisi, atau public figur yang sering muncul di layar tv.

Dari penjelasan Customer Succes Director Digimind, Olivier Girrard, yang dikutip dari laman kumparan.com, mengungkapkan setiap influencer memiliki karakteristik peran yang berbeda. Seorang brand ambassador yang memiliki followers sedikit, sangat cocok untuk menanamkan loyalitas brand ke konsumen. Sedangkan selebriti yang memiliki followers besar hanya dapat menanamkan kesadaran brand ke publik.

Berikut ini pengelompokkan influencer di media sosial, Instagram:

 

1. Nano Influencer

Nano influencer merupakan influencer yang memiliki 500 hingga 1000 followers. Meskipun sedikit, nano influencer dianggap memiliki pengaruh kuat terhadap followers-nya. Tingkat interaksi dan kepercayaan terhadap kategori nano influencer dinilai cukup tinggi, karena mereka umumnya sangat mengenal followers-nya secara langsung.

 

2. Mikro Influencer

Mikro influencer merupakan influencer yang memiliki 10 ribu sampai 100 ribu followers. Mikro influencer mendapat perhatian dari para markerter. Kategori ini dipercaya memiliki pengaruh sangat kuat untuk pemasaran. Followers pada mikro influencer juga dianggap loyal dan sangat memperhatikan influencer-nya.

Kategori mikro influencer lebih dikenal menekuni bidang tertentu. Biasanya konten yang diunggah meliputi beauty, fashion, food, atau parenting. Mikro influencer dipercaya lebih optimal dalam pemasaran, karena cukup ahli dibidangnya dan memiliki pengetahuan tentang produk dan layanan yang dipromosikan.

 

3. Makro Influencer

Selanjutnya, ada makro influencer yang memiliki 100 ribu hingga 1 juta followers. Banyak yang menganggap jenis makro influencer lebih ideal bagi sebuah pemasaran brand. Tingkat interaksi dan kepercayaan dari followers dinilai setara dengan jenis mikro influencer. Umumnya, di jenis makro influencer, pelakunya menjadikan status influencer sebagai pekerjaan. Mereka lebih aktif menerima pekerjaan untuk mempromosikan sebuah brand sebagai mata pencaharian. Dengan jumlah followers tersebut, mereka juga memiliki jangkauan yang lebih luas.

 

4. Premium Influencer

Premium influencer atau yang biasa disebut sebagai mega influencer merupakan influencer yang memiliki 1 juta lebih followers. Mereka umumnya adalah selebritis papan atas di negaranya. Jenis premium influencer banyak disematkan kepada artis, musisi, atau public figur yang sudah lebih dulu sering muncul di layar tv. Tingkat interaksi dan kepercayaan dari followers terhadap premium influencer cukup kecil. Para premium influencer lebih cocok untuk mencari exposure. Selain itu, jenis ini juga tepat jika digunakan untuk kampanye dalam skala besar dengan tujuan hanya mendapat kesadaran brand ke publik.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 8 =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp