Jasa Business 2 Business Marketing Solution

Jasa Digital Marketing | Digitalmarketer.co.id
separator digital marketer

Bermain di pasar B2B tentu jauh berbeda strateginya dengan B2C. B2B butuh strategi dan implementasi marketing yang lebih fokus, tajam, dan efektif untuk langsung memberi kontribusi sales yang nyata.

Tidak semua B2B business cocok untuk masuk ke facebook, instagram, twitter, ataupun tiktok. Namun, Linkedin, google, dan youtube biasanya sangat direkomendasikan untuk dijalankan secara serius.

Marketing & Sales B2B

Jasa Digital Marketing | Digitalmarketer.co.id
separator digital marketer

Berikut beberapa insight yang bisa menjadi insipirasi dalam menjalankan proses marketing dan sales untuk B2B:

 

1. Digital Presence is Vital & Super important.

Mau seberapa hebat tim sales anda, calon klien pasti akan tetap Googling seperti apa perusahaan anda. Jika anda tidak dapat ditemukan di digital? Bersiaplah untuk kehilangan kepercayaan awal yang sangat berharga untuk anda bisa mengubahnya menjadi sales.

Sebaliknya, jika anda mudah ditemukan di digital apalagi profile perusahaan anda sangat berkesan, maka tim sales anda hanya tinggal melakukan Finishing bola di depan gawang. 

 

2. SEM & SEO? Just do it Quickly!

Oke, digital presence, apa yang harus dilakukan? Make your company easy to be googled! 

Jalankan proses jangka panjang lewat search engine optimization (SEO) untuk bertengger di halaman 1 google secara organik. Caranya? Banyak tulis artikel yang relevan terhadap produk dan jasa anda, banyak-banyak diliput oleh media dan blog, perbanyak organik traffic dan buat visitor berlama-lama di web anda.

Wait, SEO bukannya butuh waktu bulanan atau bahkan tahunan? Saya butuh hasil instant! Solusinya ya mudah, tinggal bayar saja si google untuk menaruh web anda di halaman pertama, then you do search engine marketing (SEM)!

 

3. Linkedin: a New World for B2B Marketing

Oke, google aman ya mas, mba. Jadi apakah itu saja? Eits! Lihat dulu ada dunia baru yang sangat efektif untuk menjangkau target pasar anda secara langsung. Benar-benar langsung ke si bapak/ibu pemegang keputusan. Tanpa transfer telepon dari resepsionis, tanpa harus dikenalkan oleh makelar yang komisinya nggak kira-kira, tanpa bayar mahal untuk join club golf dan club bisnis. Sounds good right? To good to be true?

Ya harus anda buktikan sendiri, main-mainlah yang serius di linkedin. Serius bagaimana? Cara main di linkedin cukup banyak, bisa main ads yang honestly memang agak mahal tapi worth it juga ternyata. Atau main lebih organik biar lebih mengalir macam lancar terkurasnya saldo rekening saat harbolnas. 

Dari linkedin, kita bisa sortir benar-benar target pasar yang tajam seperti jabatan, nama perusahaan, size perusahaan, usia, senioritas, dan data relevan lain.

 

4. Youtube: More effective than TV

Youtube hanya buat FMCG? Kata siapa? Youtube bisa jadi corong paling pas untuk mengenalkan profile perusahaan anda secara visual. Trust akan meningkat, dan sekali lagi, sales anda kerjanya akan lebih mudah untuk closing deal dengan klien yang sebelumnya sudah yakin dengan perusahaan anda. Jadi,  jangan kaget kalau mereka tiba-tiba banyak minta cuti gara-gara kebanyakan komisi. 

 

5. Create your customer group target, make a customized campaign for each of them.

Walaupun anda playground nya adalah B2B, jangan lupa kalau target klien anda mungkin tidak hanya dari 1 kelompok. Tiap kelompok perlu pendekatan yang mungkin berbeda, digital strategy berbeda, platform social media berbeda, dan konten yang jelas berbeda.

 

Dapatkan solusi meningkatkan efektifitas pemasaran B2B start from Rp 990.000! 

 

Jadi, sudah siap untuk berdiskusi langsung dengan tim expert B2B kita dan mendapatkan solusi nyata?

Profile Tim Expert

Jasa Digital Marketing | Digitalmarketer.co.id
separator digital marketer

Khairul U. Gunawan

Accomplished Chief Marketing Officer with over 10 years experience in sales and marketing industry. Proficient in marketing and sales skills in offline and online until acquisition process while managing complex office environment and team building. Expertise in business positioning, negotiation, problem solving, marketing strategy and personal development.

  • Pengalaman 10 tahun lebih di industri sales & marketing
  • Memiliki 5 kantor sales & management consulting, specific di bidang direct selling
  • Memiliki usaha di bidang F&B: Cafe & Resto
  • Menangani klien dari berbagai macam industri: NGO, Telco, TV cable, F&B, Skincare, Logistic, IOT Product, dll.
Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp