5 Aplikasi Buat Meeting Online Saat WFH

Corona Belum Selesai, Ini yang Harus Dilakukan Saat WFH Diperpanjang
April 9, 2020
5 Cara Sukses Bermain Tiktok Supaya Menghasilkan Uang 
April 15, 2020
Show all

Aplikasi video telekonferensi menjadi layanan primadona di tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19). Video telekonferensi memang banyak dilakukan oleh karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Sebagai alternatif dikala pembatasan sosial, video telekonferensi memudahkan komunikasi baik karyawan dengan atasan maupun rekan kerja.

Video telekonferensi hampir digunakan oleh semua pekerja baik di kalangan instansi pemerintahan maupun swasta. Mereka menggunakan video telekonferensi untuk keperluan meeting, interview, atau sharing pekerjaan secara digital. Beberapa aplikasi video telekonferensi cukup populer penggunaannya karena mampu menyambungkan beberapa orang sekaligus dalam sekali tayang.

Berikut 5 aplikasi video telekonferensi terbaik untuk meeting perusahaan saat WFH.

 

1. Zoom

Zoom merupakan aplikasi video telekonferensi yang cukup populer digunakan saat WFH. Aplikasi ini semakin banyak dibicarakan karena diduga terjadi kebocoran data keamanan milik pengguna. Zoom disorot oleh pakar IT dunia karena sistem keamanan yang lemah. Hal ini disebabkan aplikasi tersebut tidak memiliki enkripsi end-to-end.

Pakar teknologi khawatir bila nantinya informasi pengguna aplikasi tersebut akan dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Zoom sendiri memiliki fitur penjadwalan meeting, video dan audio HD. Zoom dapat menyambungkan 1000 peserta dan 49 video di layar. Selain itu, selama melakukan video telekonferensi pengguna dapat merekam segala aktivitas percakapan untuk keperluan pribadi.

 

2. Google Hangsouts Meet

Aplikasi berikutnya yang ramai digunakan saat WFH adalah Google Hangsouts Meet. Aplikasi ini dibangun oleh perusahaan Google. Layanan Google Hangsouts Meet mampu menyambungkan video secara bersamaan dengan 250 pengguna sekaligus.

Bagaimana cara pengoperasian Google Hangsout Meet? Aplikasi ini cukup mudah digunakan. Jika ingin mengundang orang lain bergabung diluar anggota video, cukup membagikan meeting code kepada orang lain yang ingin bergabung. Setelah itu, mereka bisa langsung bergabung dengan Google Hangsouts Meet dan melakukan telekonferensi. Google Hangsout Meet memiliki fitur seperti penjadwalan meeting dan menampilkan caption secara otomatis. Aplikasi ini dapat diunduh melalui iOs , Android ataupun pada situs website resmi.

 

3. Skype

Skype merupakan aplikasi yang bisa menyambungkan 25 orang secara bersamaan. Pengguna Skype bisa melakukan video telekonferensi dalam satu kali panggilan. Selain itu, fitur pada aplikasi ini juga menyediakan layanan percakapan berbasis teks bagi individu maupun grup. Penyedia aplikasi, Microsoft juga memberikan kemudahan pengguna dengan layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel. Sama seperti Zoom, Skype memberikan fitur seperti penjadwalan meeting online, mengelola account yang semua bisa diinput ke dalam Microsoft Office. Skype dapat diunduh melalui iOs maupun Android.

 

4. Go To Meeting

Aplikasi berikutnya adalah Go To Meeting. Cukup banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi Go To Meeting untuk kebutuhan rapat, koordinasi, sharing pekerjaan. Go To Meeting cukup banyak menyambungkan orang sekaligus secara bersamaan.

Aplikasi ini memiliki fitur sama pada umumnya aplikasi video telekonferensi seperti penjadwalan meeting, Video dan Audio. Selain itu, aplikasi Go To Meeting juga bisa membagikan dokumen saat video berlangsung. Anda bisa mengunduh Go To Meeting di sistem iOs maupun Android.

 

5. WebEx

WebEx merupakan produk aplikasi yang dibangun oleh perusahaan Cisco. Disini, anda bisa melakukan video telekonferensi dengan 50 lebih orang sekaligus secara bersamaan. WebEx memiliki fitur audio dan video HD yang cukup jernih untuk melakukan meeting online, rapat, atau koordinasi pekerjaan. Pengguna bisa mengunduh WebEx melalui iOS, Android, maupun situs website Cisco.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp