5 Cara Sukses Bermain Tiktok Supaya Menghasilkan Uang 

5 Aplikasi Buat Meeting Online Saat WFH
April 13, 2020
Cara Upload Foto, Video, dan Stories Instagram di Komputer
April 17, 2020
Show all

Aplikasi Tiktok kian populer di jagat maya. Saat ini, terdapat kurang lebih  1.5 miliar pengguna Tiktok di seluruh dunia. Angka ini sanggup menyaingi kepopuleran Instagram dan Youtube sebagai aplikasi berbagi video yang sama. Kepopuleran Tiktok pun menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna sosial media di tanah air. Aplikasi buatan ByteDance ini ternyata bisa dijadikan ladang pundi-pundi uang bagi creator video atau penggunanya.

Lalu bagaimana caranya supaya bisa sukses dan mendatangkan uang dari Tiktok? Sebelumnya, perlu Kamu tahu kalau prinsip dasar bermain Tiktok tidak jauh berbeda dengan dua aplikasi pendahulunya yakni Instagram dan Youtube. Ketiganya menjurus pada hal yang sama yakni ‘menjual’ sebuah konten yang menarik. Berbeda dari aplikasi sebelumnya, banyak yang beranggapan kalau konten Tiktok terlihat lebih unik, konyol, dan penuh hiburan.

Tiktok sendiri mengandalkan sebuah konten video dimana pengguna berjoget atau melakukan aktivitas tertentu sambil  dipadukan dengan latar belakang musik atau backsound (remix) yang ‘nyeleneh’ sehingga membuat penonton terhibur. Kebanyakan video Tiktok berdurasi sekitar 15-60 menit dalam sekali tayang. Terbayang kan video aneh nan lucu bisa jadi dalam waktu singkat.

Sebelum memulainya, pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Tiktok yang bisa di download di Android maupun iOs. Kemudian, buatlah akun lebih dulu dengan mencantumkan username serta profil picture. Jika step ini sudah selesai, baru mencari ide segar untuk kebutuhan video.

Lebih jelasnya, berikut 5 cara supaya video Tiktok kamu keren dan bisa mendatangkan uang.

 

1. Buat Video Menarik dan Bisa Diterima Masyarakat

Magnet Tiktok sungguh luar biasa di dunia maya. Video-video yang diunggah di Tiktok seringkali membuat orang tak habis pikir bagaimana menciptakan gerakan aneh dan mensinkronkannya dengan lagu secara bersamaan. Bagi pemula yang ingin bermain Tiktok, disarankan membuat konten video yang menarik. Meskipun, umumnya backsound pada video Tiktok yang beredar hampir sama, tapi cobalah buat gerakkan unik yang berbeda.

Kamu mungkin sering melihat wanita cantik dengan baju minim berjoget riang di Tiktok. Lebih dari itu, demi konten yang berkualitas, maka kamu mesti tampilkan performa yang maksimal dan apa adanya di setiap video. Biasanya, konten video Tiktok yang viral berawal dari tingkah laku pengguna yang natural. Atau di sisi lain, kamu bisa berkreasi dengan membuat konten yang menginspirasi dan sensasional. Sekali kamu membuat Tiktok aneh namun bisa mengambil hati penonton, maka video Tiktok kamu akan menjadi tren dan diikuti oleh pengguna lain.

 

2. Buang Perasaan Malu

Jika mau sukses jadi artis Tiktok, maka buang urat malu. Tiktok merupakan aplikasi yang benar-benar menampilkan pengguna yang memiliki keberanian (siap malu), kocak, dan aneh. Oleh karenanya, jika berniat terjun ke Tiktok, maka harus siap dengan reaksi penonton terhadap video yang kamu unggah. Selain itu, setting pembuatan video Tiktok umumnya juga banyak dilakukan di tempat umum. Boleh jadi orang yang belum mengerti Tiktok ketika melihat tingkah laku kamu akan menertawakan bahkan mencibir kamu seperti orang aneh. Jadi, persiapkan mental kalau mau jadi artis Tiktok.

 

3. Gunakan Hashtag

Sama seperti Instagram, hashtag di Tiktok juga bisa mempengaruhi pencarian sebuah video. Usahakan selalu sertakan hashtag setiap kali membuat video. Gunakan hashtag yang kira-kira banyak ditelusuri oleh orang lain. Siapa tau banyak yang menyukai video yang kamu buat.

Selain hashtag, pada tap ikon pencarian “Discover”, juga mencantumkan pencarian  sounds, video atau challenge yang sedang ramai dibuat pengguna. Dari pilihan tersebut, kamu bisa mencari ide-ide untuk video yang akan dibuat. Untuk di awal, cobalah meniru saja selanjutnya kamu bisa menyesuaikan dan membuat kreatifitas sendiri.

 

4. Share Video ke Instagram, Youtube dan Twitter

Usahakan setelah membuat video, jangan cuma diunggah di aplikasi Tiktok. Video tersebut bisa kamu share ke sosial media lain seperti Instagram, Youtube atau Twitter. Sebenarnya, cara mempromosikan inilah yang sering berhasil membuat viral sebuah video Tiktok. Contohnya, keberadaan video Tiktok di Instagram menjadi konten hiburan yang sering mendapatkan respon tinggi. Siapa tau video yang kamu share disukai dan dilirik oleh brand atau produk untuk menawarkan kerjasama. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan besar dan konten video kamu lebih viral lagi di masyarakat.

 

5. Monetize Tiktok

Sekarang ini, aplikasi Tiktok sudah menyediakan fitur ads (iklan) bagi brand atau perusahaan yang ingin beriklan. Dalam hal ini memungkinkan layanan Tiktok mengarahkan produk yang dijual oleh brand disesuaikan dengan karakter pengguna Tiktok atau video creator. Dari sini, tentu akan mendatangkan keuntungan bagi video creator itu sendiri.

Sebelumnya, pihak Tiktok sendiri menyampaikan kalau Tiktok memiliki model bisnis iklan yang berbeda dari platform lain. Tiktok hanya menyediakan iklan dalam bentuk konten di bagian homepage aplikasi. Dapat dipastikan, iklan tidak akan mengganggu konten video pengguna dalam bentuk banner atau yang lainnya.

Sedangkan, dari video creator bisa mendapatkan penghasilan sama seperti halnya influencer di Instagram. Nantinya, keuntungan didapat  jka ada brand yang ingin melakukan kerja sama konten alias endorsement dari pembuatan video mereka.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

1 Comment

  1. WDidik says:

    Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp