5 Tips Mengatur Uang Buat Pekerja Selama Wabah Corona

Wabah Covid-19 Mempercepat Revolusi Layanan Kesehatan Digital
April 22, 2020
Efek Corona, WhatsApp Bisa Video Call 8 Orang Sekaligus
April 27, 2020
Show all

Wabah virus Corona (Covid-19) mulai mengganggu perekonomian masyarakat. Rasa cemas dan takut pun muncul kalau sampai uang habis dan tidak bisa mencukupi kebutuhan. Dalam kondisi ketidakpastian seperti ini, maka kita harus pintar mengatur uang. Bagi para pekerja formal maupun informal, sama-sama harus bisa mengelola uang dengan baik.

Wabah Covid-19 diperkirakan masih akan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama. Imbasnya, semua harus mengontrol pengeluaran secara ketat. Mereka yang memiliki penghasilan bulanan atau harian perlu memperhatikan pengeluarannya dan segera merencanakan opsi lain untuk tetap bertahan.

Berikut tips mengatur uang buat pekerja selama wabah Corona

 

1. Berhemat

Berhemat adalah hal wajib bagi semua orang saat ini. Bagi pekerja, Kamu harus lebih berhemat di tengah wabah Covid-19. Jangan berperilaku boros apalagi menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak penting. Cobalah mengurangi pembelian kebutuhan yang dirasa kurang mendesak selama wabah. Dengan menghemat uang bisa menyelamatkan kebutuhan kamu dalam beberapa waktu ke depan.

 

 

2. Menabung

Setelah berhemat, Kamu harus siapkan langkah tabungan darurat. Bagi para pekerja, sisihkanlah uang kalian untuk ditabung selama wabah Covid-19. Sebaiknya, buat dua simpanan tabungan yakni untuk kebutuhan rumah tangga dan alokasi kesehatan. Sebab bukan hanya kebutuhan pokok yang mesti dipenuhi, masalah kesehatan juga membutuhkan anggaran tersendiri. Perlu disadari bersama, bahwa kita berada di tengah wabah penyakit yang belum ada obat penyembuhnya. Jika sewaktu-waktu kamu mengalami masalah kesehatan, maka tabungan darurat tersebut bisa digunakan.

 

3. Cari Kebutuhan dengan Harga Murah

Masa pandemi memang tidak menguntungkan bagi semua orang termasuk para pedagang. Para pedagang pun akan menawarkan harga yang kompetitif bahkan sampai memberikan harga murah agar barangnya bisa tetap terjual. Oleh karena itu, tidak ada salahnya dalam situasi pandemi ini kita harus lebih aktif mencari kebutuhan dengan harga murah. Ada banyak toko baik offline maupun online yang menawarkan diskon atau potongan harga. Mereka menawarkan harga spesial atau bundling harga yang akan lebih menghemat pengeluaran uang. Meski begitu, kamu harus tetap mengontrol diri supaya tidak berlaku boros dengan membeli semua barang saat diskon.

 

4. Cari Tambahan Penghasilan

Mengandalkan gaji bulanan saja belum cukup untuk mengantisipasi kebutuhan ekonomi saat pandemi Covid-19. Bagi pekerja, cobalah mencari tambahan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan ke depan. Kamu bisa jualan online di marketplace atau sosial media. Ada banyak produk yang bisa Kamu jual ke orang-orang di situasi sekarang ini. Beberapa kebutuhan misalnya sembako, bahan makanan, atau makanan matang bisa kamu tawarkan kepada teman-teman dan orang lain. Momen di rumah aja, membuat kita lebih banyak kesempatan mencoba hal baru di rumah.

 

5.Atur Prioritas Kebutuhan

Kita tentu berharap pandemi ini tidak sampai membuat krisis ekonomi seperti beberapa tahun silam. Tetapi, bila kita lebih cermat dan berhati-hati tentu kita bisa melewati apapun kondisi yang terjadi ke depan. Cobalah mengatur prioritas utama kebutuhan keluarga. Misalnya, jika kamu ada rencana untuk mudik atau bepergian ke suatu tempat, maka sebaiknya urungkan niat tersebut. Alangkah baiknya, semua patuh terhadap anjuran untuk di rumah saja. Dengan tidak bepergian, bukan saja menghemat pengeluaran tetapi juga mencegah kamu dari penularan virus Covid-19.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp