Mengenal User Generated Content Untuk Bisnis Marketing

Ketahui Jenis-Jenis Influencer Untuk Strategi Marketing Bisnis
March 10, 2020
Cegah Corona Dengan Bekerja Remote
March 17, 2020
Show all

 

Strategi digital marketing semakin unik dan menarik seiring kemampuan sosial media (sosmed) yang membentuk ruang inovasi tanpa batas. Saat ini, pemasaran bukan hanya dilakukan oleh pelaku bisnis dengan menyebarkan konten yang mereka miliki, tetapi juga dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh user (pengguna). Dalam strategi digital marketing, salah satu cara yang sedang booming adalah UGC.

 

Apa Itu UGC?

Pernah dengar kata UGC? Kalau kamu ‘anak sosmed’ tentu sudah familiar dengan kata tersebut. UGC adalah singkatan dari User Generated Content yang merupakan bagian dari strategi digital marketing. UGC menjadi cara baru yang dapat meningkatkan awareness bahkan penjualan secara drastis bagi sebuah produk.

Dari beberapa sumber disebutkan, UGC diartikan sebagai konten buatan pengguna yang berupa sebuah konten foto, suara, teks, animasi, hingga video yang diunggah oleh pengguna pada jejaring sosial. Dalam pengertian lain dapat dikatakan semua konten terkait dengan UGC bukan berasal dari website atau account sosmed brand itu sendiri. Dengan perkembangan internet yang semakin pesat, konten buatan pengguna semakin menjadi salah satu pusat penyebaran informasi.

 

Apa Saja Bentuk UGC?

Sebelum memulai UGC sebaiknya kamu tahu ada beberapa tipe UGC yang ada di dunia maya. Aktivitas dari pengguna akan selalu berbeda value-nya di setiap platform digital. Pelaku bisnis tidak perlu pusing dengan tipe UGC selama produk memiliki value yang baik maka tindakan pengguna akan positif.

 

1. Review

Seiring perkembangan dunia digital, cara orang mempromosikan atau sekedar memberikan penilaian terhadap suatu produk menjadi bermacam-macam. Review adalah salah satu UGC yang mudah kamu temukan sekarang ini. Review atau memberikan ulasan terhadap sebuah produk bisa jadi ‘senjata’ ampuh meningkatkan penjualan.

Review diberikan oleh user dengan menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk tersebut. Review yang tentu sering anda lihat misalnya dari seorang Youtuber. Youtuber yang melakukan review dan memberikan penilaian terhadap produk merupakan sebuah bentuk UGC. Youtuber dengan ratusan ribu bahkan jutaan subscriber, tentunya akan memiliki pengaruh dahsyat saat mereka me-review sebuah produk di channel youtube-nya

Selain itu, review juga bisa dilakukan dengan cara lain seperti memberikan ulasan lewat tools yang disediakan.Contohnya di sebuah marketplace. mereka akan menampilkan ulasan dan rating dari pembeli kepada penjual atas produknya. Hal ini bisa menjadi gambaran tentang keamanan dan kualitas produk si penjual. Kedua, bentuk review seperti dari Youtubers atau pembeli di marketplace tersebut tentunya bisa dihasilkan dari permintaan si pemilik produk atau atas inisiatif mereka sendiri.

 

2. Testimoni

Salah satu bentuk UGC lain adalah testimoni. Testimoni mungkin tidak akan jauh berbeda dengan review atau ulasan yang sudah dibahas di atas. Testimoni pada intinya merupakan pendapat atau tanggapan dari user terkait pengalaman mereka dengan produk. Testimoni dapat bersifat negatif atau pun positif.

Namun yang sering kali kita lihat pada sebuah website produk adalah testimoni positif. Pelaku bisnis sering ‘cerdik’ dalam hal memasang testimoni untuk ditampilkan di halaman depan website. Mereka tentu akan menampilkan testimoni yang positif sehingga pengunjung lain tertarik. Belum lagi pelaku bisnis juga akan memfilter dari personal testimoni misalnya dari seorang influencer berpengaruh, selebriti, dan lainnya. Selain itu, testimoni juga bisa dalam bentuk video atau tulisan.

 

3. UGC Sosmed

UGC yang paling memiliki kekuatan dan pengaruh virality lebih cepat yakni pada konten sosmed. UGC pada platform sosmed adalah salah satu yang banyak dilakukan saat ini. Seperti kita tahu bahwa pergerakkan informasi di sosmed kian sulit dibendung. Akses yang mudah dan menjamurnya smartphone di semua lintas kalangan membuat UGC melalui sosmed mudah dilakukan.

 

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp