fbpx

Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris

Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial
Strategi Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial
February 5, 2018
Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris

Banyaknya kisah sukses orang berjualan di facebook dengan pendapatan perbulannya hingga belasan juta bahkan puluhan juta rupiah membuat kita bertanya tanya apa rahasianya, kok bisa ya seperti itu?

Facebook sekarang ini telah menjadi salah satu tools marketing yang penting bagi para penggiat bisnis online.

Disini kita akan membahas beberapa cara yang dapat anda segera lakukan untuk mendapatkan pejualan di facebook dan jika dilakukan secara rutin kedepannya maka akan dipastikan barang-barang anda laris!

Kami akan membagi menjadi beberapa point penting yaitu :

  1. Persiapan Akun
  2. Persiapan Produk
  3. Analisa
  4. Promosi
  5. Evaluasi

 

Yuk sekarang mari kita bahas semuanya satu persatu secara jelas Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris.

 

1. Persiapan Akun

  • Akun Fanpage

Modal pertama yang pastinya harus anda punya adalah sebuah akun facebook, akun disini diharuskan sebuah fanpage agar terlihat lebih profesional dan bukan sebuah akun pribadi. Sehingga nantinya akan mudah dilakukan sebuah promosi yang akan ditujukan ke akun ini (akan dibahas di point-point selanjutnya).

 

  • Informasi yang Jelas

Ini hal yang paling utama, pastikan informasi tentang bisnis anda tertera dengan jelas, berikut informasi yang harus ada.

  1. Kontak yang dapat dihubungi
  2. Alamat
  3. Penjelasan bisnis anda
  4. Syarat dan Ketentuan
  5. Cara pemesanan
  6. Foto profil yang jelas
  7. Banner yang jelas

 

2. Persiapan Produk

  • Produk anda harus berkualitas

Bayangkan jika anda menjadi seorang customer yang sedang mencari alat olahraga, apa anda ingin barang yang anda beli jelek? baru sehari pemakaian langsung rusak? Tentu semua orang tidak ingin hal ini terjadi.

Jadi barang yang harus anda jual ataupun jasa yang anda berikan haruslah berkualitas baik dari segi pelayanan, produknya, packaging, dan lainnya. sehingga ini menjadi sebuah kelebihan utama dibandingkan para kompetitor anda.

 

  • Gambar dan Informasi produk

ini yang sering dilupakan penjual, saking malasnya foto yang digunakan blur, terkadang yang parah malah mengambil dari google. para pembeli jika mendapati hal seperti ini pastinya akan merasa barang anda adalah palsu dan jelek.

Jadi berikan foto dengan kualitas yang bagus, beri border khas toko anda jika memungkinkan.

Kita ambil contoh dari marketplace tokopedia, gambar yang sedikit berbeda dan lebih bagus akan menjadi sorotan pertama para pembeli.

 

sumber gambar

 

Kira kira produk mana yang pertama kali anda lihat? sudah mendapat kesimpulan foto produk yang baik?

 

  • Manajemen Produk

Jangan sampai barang yang anda pajang di katalog anda ternyata kosong atau habis, ini menimbulkan rasa kecewa terhadap penjual. Bisa saja barang yang kosong tersebut adalah barang yang benar benar sedang dicari oleh sang pembeli.

Berikan beberapa kategori yang jelas (dapat berupa penamaan di album foto), sehingga pembeli tidak pusing dalam mempelajari barang dagangan anda. Beri tau produk mana yang terlaris dan promo. Ini akan memberikan experience yang baik terhadap pembeli.

 

3. Analisa

  • Pelajari kompetitor anda

Wajib dilakukan jika barang yang anda jual sudah sangat banyak penjualnya, apa yang membedakan anda dari yang lain? Kenapa orang yang menjual barang yang sama dengan anda bisa mendapat pembeli sedangkan anda tidak?

Pelajari bagaimana cara mereka melakukan aktivitas di fanpage nya, bagaimana pelayanannya, apa yang mereka tawarkan.

Kumpulkan data-data tersebut, semakin banyak kelebihan dan kekurangan dari tiap kompetitor makin baik.

Ambil semua kelebihan mereka sehingga anda menjadi yang terbaik.

Jangan lupa pelajari post seperti apa yang paling banyak mendapatkan tanggapan, post bagaiamana yang mendapatkan like terbanyak.

 

  • Pelajari Target Pasar

Analisa siapa target anda, sebagai contoh anda menjual produk hijab untuk kalangan anak muda umur 17-30 tahun.

Sesuaikan konten dari segi bahasa dan desain yang disampaikan ke mereka, buat bahasa yang tidak terlalu formal, santai, dan asik.

Sesuaikan juga kapan waktu anda yang paling baik untuk melakukan posting sesuai target pasar anda.

 

waktu terbaik posting facebook

sumber gambar

 

Sebagai contoh secara umum, waktu terbaik untuk posting adalah jam 9 pagi sampai 7 malam dan waktu terbaiknya adalah jam 1 siang sampai 3 siang. Saat itu kita tahu orang yang sedang bekerja sudah mulai tidak efektif karena istirahat makan siang dan lebih banyak membuka sosial media.

 

4. Promosi

Sekarang kita baru masuk ke intinya, bagaimana caranya fanpage anda ditemukan oleh jutaan orang diluar sana yang aktif facebook setiap harinya.

 

  • Content Marketing

Berikan posting yang bermanfaat, jangan selalu jualan produk saja. Karena kebanyakan orang mencari sesuatu itu terhadap permasalahan mereka, bukan langsung produk apa yang menjadi solusinya.

Kita ambil sebagai contoh:

Eko sering terkena penyakit maag, sehingga apa yang dia cari adalah cara menanggulangi penyakit maag, penyebabnya, dan solusinya.

Nah solusi (produk anda) itu baru muncul di akhir, bukan diawal. Jadi pastikan content yang anda berikan adalah memberikan informasi yang berguna terhadap suatu permasalahan yang produk anda lah yang menjadi solusi terbaiknya.

 

Kita ambil contoh lain. Anda memiliki toko komputer.

Berikan content-content seperti:

  1. cara merawat komputer yang jarang diketahui orang orang
  2. beberapa permasalah komputer yang pasti anda jumpai serta solusinya
  3. cara membeli komponen komputer agar tidak tertipu.
  4. Jual komponen, pc built up, laptop, dan aksesoris asli dan bergaransi resmi.

 

Kita dapat lihat judul pertama dan kedua merupakan content umum yang siapa saja bisa membacanya, termasuk orang-orang yang belum mempunyai masalah dengan komputernya.

Judul ketiga sudah mulai spesifik ke permasalahan terhadap orang awam yang tidak begitu mengerti, disini anda bisa memberikan tips bagaimana caranya membeli komponen komputer agar tidak tertipu.

dan yang terakhir baru masuk ke pejualan.

 

  • Posting Grup yang Berhubungan

Cari grup yang sesuai dengan bisnis anda, tapi cari grup yang masih bersih.

Bersih disini artinya grup tersebut tidak rusak dengan spam dan postingan tak berguna lainnya. Cari yang masih aman dan bersih, biasanya grup ini ketat peraturannya, tapi tidak mengapa ikuti aturan mainnya di setiap grup.

Pasrtisipasi aktif di grup tersebut, ikut memberikan solusi jika ada member yang bertanya. Tapi ingat, solusinya yang anda berikan JANGAN MENGARAH KE PENJUALAN PRODUK ANDA.

Berikan solusi yang baik, berikan beberapa opsional solusi, misal ada yang bertanya dimana market place yang bagus, anda dapat menjawab beberapa seperti tokopedia, bukalapak, dan lainnya. Berikan kekurangan dan kelebihan didalamnya.

Setelah anda mendapat kepercayaan yang dirasa cukup baru masuk soft selling. Baiknya perbandingan antara jualan dan partisipasi aktif sekita 1:4 sampai 1:5.

Semakin banyak grup yang anda bergabung didalamnya semakin bagus.

 

  • Facebook Ads

Harusnya jika anda ingin berjualan online pastinya anda mempunyai modal untuk promosi, tidak perlu banyak. 250rb – 1jt sudah cukup untuk diawal.

Anda atur budget iklan sesuai dengan kebutuhan. Target konsumen yang sesuai dengan produk yang anda jual.

 

“Faktanya semakin lama iklan anda berjalan semakin bagus iklan itu bekerja”

kenapa? karena di iklan pertama facebook masih mempelajari orang seperti apa yang tertarik dengan iklan anda. Jadi jangan terlalu berharap iklan anda dapat memberikan penjualan yang fantastis pada percobaan pertama.

 

 

Bukan omong kosong jika facebook ads masih menjadi pilihan utama bagi para penjual online, bahkan salah satu rekan kami mengalokasikan budget iklan 30jt-50jt dalam sebulan.

>> Pelajari lebih lanjut tentang iklan facebook <<

 

5. Evaluasi

Hal yang utama agar penjualan anda semakin meningkat setiap bulannya adalah evaluasi.

Pelajari kenapa produk A lebih banyak terjual dibanding yang lain, apa yang membedakan? Atur kembali strategi konten yang anda berikan agar penjualan lebih maksimal.

Jangan lupa review kembali produk-produk anda, mana yang stok nya habis, mana yang menjadi produk terlaris, atur ulang kembali sesuai dengan kebutuhan anda.

Evaluasi ini penting, sehingga anda bisa membuat target baru setiap bulannya.

 

Itu lah beberapa Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris dari digitalmarketer.co.id, jika ada yang ingin ditanyakan atau tambahan seputar tips and tricks jualan di facebook bisa diberikan di kolom komentar.

7 Comments

  1. cacing sutra budidaya yogyakarta says:

    terimaksih tipsnya…mudah – mudahan bermanfaat

  2. Tahu bakso murni says:

    Ini contoh fakta konten marketing .

  3. Multipro says:

    Mantap infonya

  4. Soga says:

    Trims Infonya ….

  5. Eric says:

    Terimakasih penjelasannya lengkap

  6. Enggar Saputri says:

    Bagaimana jika barang yg kita jual adalah barang handmade. Yg kemungkinan tidak bisa restock.
    Biasa kan barang handmade sengaja di buat limited edition? Apakah masih mempengaruhi?

    • admin digital marketer says:

      hai enggar saputri, tentunya untuk barang homemade berbeda.

      Cara pembelian nya pun biasanya berbeda karena ada waktu untuk pembuatannya terlebih dahulu. Yang terpenting adalah cantumkan informasi lengkap tata cara pembelian (cantumkan informasi ini disetiap produk, dapat berupa link ke halaman tertentu agar customer dapat dengan mudah mencari informasi ini) dan syarat ketentuan yang berlaku pada toko anda.

      Semoga lancar bisnisnya enggar, kami dapat membantu untuk melakukan promosi produk anda agar dapat dilihat hingga ribuan orang yang mencarinya dalam waktu yang cepat lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =