fbpx

Cara Ampuh Manajemen Sosial Media untuk Menunjang Bisnis Apapun

Cara Memasarkan Produk Secara Online
Cara Memasarkan Produk Secara Online
October 23, 2017
Cara Mencari Pelanggan Online Shop yang Terbukti Jitu
5 Cara Mencari Pelanggan Online Shop yang Terbukti Jitu
November 28, 2017

Banyak orang yang telah menggunakan sosial media namun belum dapat merasakan efek untuk peningkatan bisnisnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Kebanyakan orang yang menggunakan sosial media untuk bisnisnya hanya melakukan hal monoton seperti

  1. hanya rutin melakukan post untuk mendapatkan interaksi (malah kebanyakan posting secara asal)
  2. auto post ke semua akun sosmed secara serentak
  3. tidak memiliki target pasar yang jelas
  4. dan lain halnya yang anda tahu jika itu sebenarnya hanya membuang buang waktu karena efeknya mungkin tidak ada sama sekali.

 

data pengguna internet

Data pengguna internet

 

Menurut data dari We Are Social data pengguna sosial media di Indonesia mencapai 106 juta orang dengan penetrasi sebesar 40%. Sangat menggiurkan bukan jika akun sosmed anda sering dilihat setidaknya 1% saja yaitu kurang lebih 1 juta orang maka paling kecilnya kita ambil 1% nya lagi yaitu calon pelanggan sebanyak seribu orang! Tentu ini sangat menguntungkan jika anda tahu apa yang harus dilakukan pada sektor sosial media, untuk sektor lainnya kami akan memberikan caranya di kesempatan mendatang.

Nah pada kesempatan kali ini digitalmarketer.co.id akan membagikan beberapa cara untuk manajemen sosial media untuk bisnis apapun yang anda punya yang telah kami rangkum.

 

1. Pilih sosial media yang tepat

Pertumbuhan Sosial Media

Tahap ini berguna untuk efesiensi waktu anda, kita ambil contoh, jika bisnis anda bersifat B2B maka jangan gunakan instagram, gunakan Linkedin yang bersifat sosial media profesional.

Mudahnya sebagai berikut.

Facebook

Bagi anda yang tidak ingin repot, semua kalangan berada pada sosial media ini, tinggal bagaimana anda mendapatkan user yang sesuai untuk menjadi followers anda. Akun sosial yang wajib digunakan pada internet marketer karena merupakan sosial media dengan user terbanyak di dunia.

Instagram

Gunakan Sosial media ini jika bisnis anda dalam pemasarannya sangat membutuhkan media foto dan video. Hampir semua usernya adalah anak muda. Tingkat interaksi pada sosial media ini juga terbilang besar.

Linkedin

Gunakan linkedin jika bisnis anda adalah B2B, disini anda dapat dengan mudah menemukan orang dengan jabatan tertentu, hanya tinggal follow, kirimkan penawan, cata datanya (nama perusahaan, email, telp, jabatan) anda sudah mendapatkan database darisana.

Google Plus

Gunakan G+ jika anda ingin konten pada website anda memiliki nilai lebih di mata google search. Karena sosial media satu ini masih sangat diperhitungan dikalangan praktisi SEO untuk meningkatkan pagerank di mata google.

 

2. Tentukan strategi konten

Pada tahap inilah terbilang sulit, karena akan menentukan apakah bisnis anda dapat mengalami peningkatan atau tidak. Berikut beberapa strategi yang perlu kita perhatikan.

Penentuan Tujuan

Apa tujuan dari sosial media anda, apakah untuk meningkatkan penjualan? tempat pengaduan bisnis anda? membagikan informasi berkaitan dengan bisnis anda?

Tentukan tujuannya sehingga tiap bulannya sehingga konten sosial media anda tidak campur aduk yang membuat user merasa bingung isi dari konten anda itu berfokus pada apa.

Sebagai contoh bisa kita lihat akun anonim yang berfokus pada tema DIY (Do it Yourself) yang membagikan cara cara untuk membuat sesuatu. Isinya tidak akan keluar dari tema itu.

Contoh lainnya, dapat kita lihat akun Instagram Diet Mulai Besok. Silahkan anda lihat apakah temanya diluar seputar makanan makanan yang lezat dan menggiurkan? tentu tidak, followersnya pun dapat dipastikan para pecinta kuliner atau yang hobi makan, atau yang suka memasak. Dari sini kita juga telah mendapatkan followers yang berfokus dalam makanan.

Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tiap sosial media bisa berbeda beda, contoh di instagram orang lebih menyukai foto yang bagus dan unik, disertakan hastag yang sesuai, caption yang unik dan membuat penasaran. Sedangkan di facebook? Orang lebih suka post berupa link dibandingkan foto, video, dan text.

Konten yang berkualitas juga disesuaikan terhadap siapa target pasar anda, apakah penulisannya diharusnya serius atau santai. Pembawaan diri dalam penulisan penting untuk target pasar.

Yang terpenting adalah jangan samakan post yang anda publish di suatu sosmed dengan sosmed lainnya, pastikan kontennya sesuai dengan sosmed yang digunakan.

Waktu Posting

Anda dapat melakukan posting sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan dengan tema aku sosial media anda. Apakah harus di jam sibuk atau jam yang senggang. Pada jam sibuk tentunya postingan anda akan cepat tenggelam sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk mempertahankan postingan anda. Sedangkan pada waktu senggang pastinya user aktif akan sedikit.

Tentunya anda harus melakukan riset, perbanyak searching, baca artikel. Kita ambil contoh, akun yang berfokus pada makanan tentunya lebih baik posting di jam-jam makan seperti pagi hari, siang hari saat jam makan, dan malam hari. Atau jam jam pada waktu ibu ibu sering memasak.

 

3. Jadwal Tugas Rutin Admin


Tentukan jadwal secara berkala untuk admin untuk harian, mingguan, dan bulanan.

Pada tahapan ini diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam implementasinya, sehingga cukup sulit untuk mendapatkan admin yang konsisten dalam pekerjaannya dalam mempertahankan tujuan utama dari akun sosial media kita.

Berikut merupakan beberapa jadwal tugas yang penting untuk diperhatikan.

Jadwal Harian
  1. Berinteraksi dengan followers (menjawab pertanyaan, dan lainnya)
  2. Mempersiapkan konten sesuai dengan tujuan bisnis (gambar, caption, dan lainnya)
  3. Menerbitkan konten sesuai dengan waktunya
  4. Mencari akun dengan followers yang banyak dan sesuai dengan target anda untuk diajak bekerja sama
Jadwal Mingguan
  1. Analisa konten mana yang paling diminati, kenapa konten lain kurang?
  2. Persiapan tema konten untuk seminggu kedepan
  3. Optimasikan kembali post anda
Jadwal Bulanan
  1. Evaluasi konten pada sebulan terakhir, mana yang paling berhasil, kenapa?
  2. Analisa apakah tujuan bulan ini tercapai?
  3. Rencakanan tujuan selanjutnya untuk 1 bulan kedepan

Itulah beberapa Cara Ampuh Manajemen Sosial Media untuk Menunjang Bisnis Apapun yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat !

Sumber

2 Comments

  1. Tahu bakso murni says:

    Sangat membantu wawasan kita.

  2. medalpoker says:

    Artikel menarik… Sharing is Caring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + eighteen =