fbpx
Penjelasan Fitur Umum Website
Penjelasan Fitur Umum Website
June 24, 2017
apa sih hosting dan domain itu
Apa Hosting dan Domain itu?
October 11, 2017

Banyaknya orang yang telah sukses mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukan bisnis online membuat banyak orang juga ingin melakukan hal serupa. Namun sayangnya banyak diantara mereka yang salah dalam bertindak dan mendapat kerugian dan menjadi takut mencoba lagi peruntungan di dunia online.

Internet sudah tidak dipisahkan lagi dari kehidupan kita, segalanya sudah ada disana, sehingga menjadi salah satu ladang berbisnis yang menggiurkan.

 

Layaknya sebuah pertandingan, kita harus memiliki strategi dan persiapan sebelum ikut bertanding di lini bisnis online. Berikut merupakan rangkuman penting yang digitalmarketer kumpulkan untuk anda semua.

Berikut 5 Cara Memulai Bisnis Online

1. Ide bisnis yang baik

ini merupakan kunci terpenting, jangan sampai yang anda tawarkan ternyata memang tidak dibutuhkan oleh orang banyak, buatlah suatu bisnis yang memang dicari orang banyak. Kenapa? karena orang menemukan bisnis anda di internet karena memang mencarinya, jika bisnis anda tidak dibutuhkan maka siapa yang akan mencarinya?

Mulailah riset disini, misalkan anda hobi bermain futsal. Kira-kira apa saja yang dibutuhkan para pemain futsal? kenapa mereka memerlukannya? bagaimana anda bisa mendapat harga murah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari sana? dan lain  sebagainya.

 

2. Mengetahui cara pemakaian internet

Ini hal sangat wajib, anda juga harus mengerti cara memakai internet itu sendiri, jangan hanya mempercayakan terhadap orang lain, tapi anda juga harus mengerti cara kerjanya. Tidak mengerti? SEGERA PELAJARI! karena kita tidakdapat membendung kemajuan teknologi salah satunya yang berkembang pesat adalah internet ini.

 

3. Ketahui cara mendatangkan pelanggan

yang tidak kalah penting lagi, adalah dari sisi marketing, bagaimana cara anda dapat mendatangkan pelanggan untuk anda. Gunakan tools media sosial, iklan online, email marketing, dan strategi lainnya yang dapat mendatangkan kepada kita.

Analisis pasar anda berada di kalangan mana, jangan sampai anda menawarkan produk perlatan snorkling kepada orang-orang yang hobi futsal, disinilah pentingnya segmentasi pasar sehingga anda mendapatkan sasaran yang tepat. Anda dapat melakukan itu salah satunya adalah dengan iklan online, dimana anda bisa set target konsumen yang spesifik, jangkauan luas dan sebagainya. Lihat kelebihan iklan online selengkapnya?

 

4. Memiliki tools pendukung

Tools pendukung yang dimaksud adalah senjata senjata yang anda siapkan untuk memenangkan persaingan di bisnis online seperti berikut :

  • koneksi internet yang cepat

Kecepatan koneksi sangat penting, agar anda dapat melakukan editing konten serta respon yang cepat saat dibutuhkan. anda juga akan lebih mudah untuk melakukan riset strategi untuk bisnis anda jika memiliki koneksi internet yang mendukung.

 

  • gadget yang tidak lemot

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Respon yang cepat bisa anda dapatkan jika memiliki gadget yang tidak lemot, gunakan pc/laptop standar, smartphone khusus untuk bisnis dengan aplikasi yang berguna untuk bisnis anda saja tanpa aplikasi lain seperti game yang bisa membuat lemot gadget anda.

 

  • Profil sosmed

Miliki semua sosmed, sehingga bisnis anda akan semakin besar kemungkinan ditemukan banyak orang. Pasar anda akan semakin luas dan jauh jangkauannya.

 

  • website

Website sendiri yang membuat bisnis anda akan tampak profesional dan terpercaya, dengan website juga anda dapat memajang seluruh produk anda sesuka hati tanpa takut di report spam oleh user (jika di sosial media). anda juga bisa menjadikan website sebagai landing page utama untuk sasaran dari iklan online anda, sehingga pengunjung website akan semakin meningkat pesat.

>>Baca kenapa harus membuat website?<<

5. Waktu dan Modal

Jika anda ingin benar-benar fokus pada bisnis online anda, berikanlah waktu prioritas anda disini, dan jangan takut untuk bermodal disini! Rencakan dengan matang modal anda disini seperti 20% dari keuntungan disisihkan untuk marketing online (salah satunya dengan iklan online) sehingga jangkauan anda akan semakin luas dan tak terbatas.

Dengan meluangkan waktu anda juga dapat lebih cepat dalam merespon pelanggan anda, banyangkan betapa kesalnya pelanggan jika anda slow respon dan kemungkinan gagalnya deal akan semakin tinggi jika anda tidak memiliki respon yang cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 15 =