7 Usaha Ini Tetap Laris Manis di Tengah Wabah Corona

Deretan Bisnis yang Pendapatannya Menurun Akibat Corona
March 31, 2020
5 Cara Jitu Hadapi Ulasan Negatif dari Pelanggan di Toko Online
April 9, 2020
Show all

Dampak wabah virus Corona (Covid-19) terhadap dunia usaha memang sangat besar. Sejumlah sektor bisnis mengalami penurunan penjualan secara drastis selama kurang lebih sebulan terakhir. Namun, ada juga usaha yang masih bisa bertahan. Beberapa jenis usaha tetap laris manis dicari pembeli meskipun di tengah ketidakpastian ekonomi akibat wabah Covid-19.

Sebagai wirausahawan atau pebisnis, Anda tidak perlu pesimis menghadapi situasi ini. Kenyataannya tetap ada peluang yang bisa dicoba untuk menjaga dapur di rumah supaya tetap ngebul. Sekarang ini, semua daerah masih dapat melakukan aktivitas bisnis hanya saja terbatas. Selama Indonesia belum menetapkan lockdown (karantina wilayah), dan orang-orang masih diperbolehkan keluar rumah, kegiatan usaha masih bisa dilakukan untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Setidaknya ada 7 jenis usaha yang cukup mampu bertahan dan masih dibutuhkan masyarakat di tengah wabah virus Covid-19.

 

1. Warung Kelontong

Di tengah wabah virus, usaha warung kelontong boleh dibilang masih bisa bertahan. Warung kelontong yang biasa menyediakan keperluan sehari-hari seperti peralatan mandi, peralatan rumah tangga, beras, telur, cemilan, dan lain-lain masih cukup ramai pembeli. Warung kelontong mudah dijangkau masyarakat karena keberadaannya banyak dimana-mana. Apalagi ketika orang hanya di rumah saja, maka pilihan mereka berbelanja tentu ke warung yang ada di sekitar.

 

2. Jual Sayur dan Daging

Kebutuhan pangan adalah paling utama bagi masyarakat. Di saat seperti  sekarang ini, orang-orang akan mencari bahan pangan untuk dikonsumsi atau disimpan untuk persediaan beberapa waktu ke depan. Maka dari itu, Anda bisa berjualan sayur-mayur, daging dan sebagainya. Walaupun kegiatan di banyak pasar juga sudah terbatas, tetapi tidak ada salahnya Kamu melihat usaha sebagai peluang sementara.

 

3. Jual Buah

Kalau kita lihat di jalan-jalan, usaha buah cukup ramai pembeli. Mengapa bisnis buah-buahan tetap ramai? Jawabannya adalah orang-orang butuh asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan misalnya buah pisang, jeruk, jambu, alpukat, dan lain-lain. Ahli kesehatan menganjurkan masyarakat banyak mengkonsumsi buah supaya tubuh tetap sehat di tengah wabah Covid-19.

 

4. Jual Masker

Masker kini jadi barang paling langka di tengah masyarakat. Jika ingin berjualan masker, Anda harus siap dengan harga yang ditawarkan. Harga masker di pasaran mencapai 300-500 ribu/pax, berkali lipat dari harga normal.

Kalau kamu mau ikutan jualan masker, kamu kamu harus berjuang lebih. Sebab, stock masker sulit ditemukan di hampir semua wilayah Indonesia. Hal ini bisa jadi karena aksi penimbunan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

5. Jual Hand Sanitizer

Selain masker, alat pelindung diri yang laris manis banyak dibeli adalah hand sanitizer. Cairan pembunuh kuman ini juga sulit ditemukan. Semenjak wabah Covid-19 merebak, hand sanitizer jadi barang yang cukup langka. Hand sanitizer memang cukup ampuh membunuh kuman dan virus di tangan. Anjuran untuk selalu menjaga kebersihan tubuh terutama tangan, membuat penjualan hand sanitizer naik secara drastis. Jadi, kamu bisa mencari barang ini untuk dijual kembali.

 

6. Jasa kurir barang

Jasa kurir antar barang atau ekspedisi merupakan salah satu bisnis yang mampu bertahan di tengah wabah Covid-19. Hal ini seiring meningkatnya penjualan online yang tentunya membutuhkan kurir ekpedisi untuk mengantar pesanan. Ekspedisi yang cukup dikenal diantaranya Tiki, JNE, JNT dan lain-lain. Dalam kondisi seperti ini, kamu bisa mencoba membuat jenis bisnis baru seperti kurir ekspedisi. Jangan lupa, perhatikan manajemen dan sistem yang perlu diatur dengan baik sehingga bisnis ekspedisi kamu berjalan mulus.

 

7. Jasa Digital

Jasa digital akan membantu meningkatkan penjualan produk di tengah bisnis konvensional yang sedang lesu. Jasa digital mencakup semua channel digital marketing seperti iklan digital (Google ads, Facebook ads, dan Instagram ads, Youtube ads), maintenance sosial media, SEO, dan sebagainya. Bila kamu punya keahlian digital, saat ini waktu terbaik mempromosikannya guna membantu meningkatkan penjualan perusahaan. Bagi perusahaan sendiri, jangan khawatir karena banyak jasa digital marketing seperti digitalmarketer.co.id yang siap membantu perusahaan meningkatkan penjualan melalui digital platform.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

1 Comment

  1. anbia says:

    Terima kasih informasinya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 1 =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp