fbpx

Buat Brand Anda Lebih Besar Lagi Dengan Prediksi Instagram 2020 Ini

Pentingnya Penggunaan Instagram Insight Untuk Strategi Bisnis Online
January 15, 2020
5 Tips Membangun Startup Sederhana Di 2020
January 27, 2020
Show all

Memasuki tahun 2020, banyak cara memanfaatkan instagram untuk promosi bisnis agar lebih maksimal. Seperti diketahui, instagram masih menjadi salah satu platform media sosial teratas dengan pengguna terbanyak di dunia. Tentunya, jika ingin melakukan digital marketing bisnis secara tepat, Anda mesti tahu prediksi Instagram untuk tahun ini.

Keuntungan besar bagi sebuah bisnis menggunakan Instagram adalah dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Perlu diingat, bahwa pengguna instagram mayoritas di dominasi oleh generasi muda (milenial dan Gen Z). Generasi ini mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi dan cenderung memiliki pola perilaku konsumtif. Oleh karena itu, penggunaan instagram berpeluang menciptakan target konsumen baru dan profit besar bagi sebuah bisnis.

Sementara itu, Instagram menyediakan fitur-fitur yang user friendly  dan attractive sehingga mudah mengambil hati pengguna. Bukan sekedar berbagi foto dan video di feeds saja, anda juga harus jeli menciptakan konten untuk mengundang ketertarikan orang. Mengkolaborasikan fitur dengan ide maka akan menghasilkan sebuah konten yang bagus. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang mesti anda ketahui soal prediksi Instagram tahun 2020.

 

1. Caption Akan Lebih Kuat Dibanding Foto/Gambar

Di awal kehadirannya, Instagram lebih sering dinikmati dalam soal visual content seperti fotografi, gambar, dan estetika visual lainnya. Namun, anda harus mencoba membuat sebuah kekuatan lain dari teks atau caption. Diprediksi ke depan, caption akan menjadi pusat sorotan dari pengguna. Cobalah membuat caption dengan kalimat yang menarik, kreatif dan kuat, sehingga menjadi triggered bagi pengguna.

Membuat caption yang panjang dan menarik pada konten, memungkinkan keterlibatan pengguna lebih besar. Konten anda dapat memunculkan keterlibatan aktif dari pengguna seperti sebuah comment, like dan share. Bagi pelaku bisnis online, segera manfaatkan caption untuk mempromosikan produk secara kreatif dan menarik. Gunakan sebuah cara copywriting yang tepat sehingga produk dan brand anda mendapat respons positif dari pengguna.

 

2. Instagram TV

Salah satu fitur yang belum lama dikeluarkan Instagram adalah Instagram TV (IGTV). Instagram TV merupakan alternatif untuk mengupload konten video dengan durasi panjang. Dengan menggunakan IGTV, konten video bisa ditonton secara utuh tanpa terpotong-potong. Banyak perusahaan atau brand yang menggunakan IGTV untuk mempromosikan produk bisnis. Trend IGTV terbukti dapat mendorong digital marketing.

Instagram menyediakan fitur lengkap yang mulai menandingi keberadaan Youtube.com sebagai platform berbagi konten video. Dapat anda lihat bagaimana tingginya jumlah views dan comment pada banyak konten video di IGTV. Seluruh konten video yang ditampilkan IGTV juga dapat disimpan. Diprediksi pengguna IGTV akan semakin besar dan dapat dijadikan strategi digital marketing bisnis tahun 2020. Manajer Pemasaran Produk IGTV Jon Youshaei, menyebut instagram sedang membangun aplikasi yang tepat bagi pengguna. Dia memprediksi banyak brand akan membuat konten berseri melalui IGTV. Konten berseri dengan sentuhan menarik akan mudah diikuti oleh pengguna.

 

3. Micro Influencer Akan Lebih Efektif Untuk Pemasaran

Besarnya pengguna Instagram membuat platform ini melahirkan banyak influencer. Influencer merupakan orang-orang yang memiliki followers atau audience cukup banyak di social media. influencer ini memiliki pengaruh kuat terhadap followers mereka seperti artis, blogger atau youtuber. Perlu diketahui, sebagai prediksi penggunaan influencer ke depan akan lebih efektif menggunakan kategori micro influencer. Micro influencer merupakan influencer yang memiliki kurang dari 10.000 follower.

Mengapa micro influencer lebih efektif? Berdasarkan analisis sejumlah pakar, Micro influencer memiliki tingkat keterlibatan tertinggi pada posting feeds mereka di 2019. Bahkan influencer dengan pengikut kurang dari 25.000 follower memiliki keterlibatan yang lebih tinggi terlepas dari genre, topik dan audience target. Sebagai pelaku bisnis online, anda mesti cermat memilih influencer untuk mendongkrak pemasaran produk. Micro influencer diyakini memiliki keterlibatan respon komentar dan like yang tinggi. Hal tersebut sangat baik untuk bisnis supaya mendapat jangkauan target dan awareness untuk brand.

 

4. Konten Otentik

Instagram diprediksi akan lebih banyak disukai dengan konten otentik atau konten asli. Hindari duplikasi atau menjiplak konten dari bisnis orang lain. Pada 2019, bisnis dengan konten yang otentik, jujur, lebih disukai oleh pengguna. Konten otentik dapat meningkatkan hubungan antara brand dengan audience atau followers mereka.

Sangat diharapkan untuk menggunakan konten otentik sebagai pemasaran digital di tahun ini. Buat story content yang kreatif sehingga sulit pula ditiru orang lain.

 

5. Penggunaan UGC (User Generated Content)

UGC menjadi cara efektif menciptakan keterlibatan pengguna di media sosial. UGC adalah konten yang diciptakan oleh pengguna. Pemilik perusahaan atau brand tidak perlu mempromosikan produknya sendiri yang belum tentu mendapatkan feedback dari pengguna. Cara ini berpeluang meningkatkan brand awareness dalam digital marketing.

UGC diprediksi akan lebih efektif digunakan tahun 2020. Sebagai pemilik brand, anda bisa meminta kepada pengguna untuk melakukan repost atau posting ulang konten. Cara ini lebih menghemat waktu dan cukup menghemat dana. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam penggunaan UGC seperti meminta followers membuat konten terkait produk anda, membuat konten terkait brand anda dengan tambahan hastag yang relevan, membuat kontes foto, dan sebagainya. Penggunaan UGC dapat mendorong pengguna lain tertarik dengan produk anda. Cara ini sangat kuat dan efektif. UGC bisa diaplikasikan pada cara marketing bisnis di Instagram tahun ini.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × one =

Our marketing team is here and ready to answer your questions. Ask us anything!