fbpx

Pentingnya Penggunaan Instagram Insight Untuk Strategi Bisnis Online

PERHATIAAN!! Penjualan Kamu Menurun?? Kuasai Fitur Ads Di Platform Digital Ini !!
January 7, 2020
Buat Brand Anda Lebih Besar Lagi Dengan Prediksi Instagram 2020 Ini
January 20, 2020
Show all

Penggunaan media sosial instagram saat ini bukan sekedar lagi digunakan untuk update aktivitas pribadi tetapi juga untuk kepentingan bisnis. Salah satu fitur menarik yang dapat dijadikan strategi marketing bagi akun bisnis adalah instagram insight (instagram analytic). Instagram insight memberikan analisa tentang kinerja bisnis anda dalam periode waktu tertentu. Di fitur ini dapat dipelajari hal-hal unik seperti interaksi dan ketertarikan orang lain dengan bisnis anda.

Instagram insight menjadi sebuah cara menganalisa untuk menentukan strategi marketing yang tepat selanjutnya. Instagram insight akan memberikan data statistik yang akan menjadi acuan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut cara mengetahui penggunaan instagram insight.

 

Ubah Akun Menjadi Business Account

Jika anda memiliki akun instagram maka pastikan lebih dulu akun anda merupakan akun bisnis. Anda harus mengubah dari personal account ke business account. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama adalah membuka profil instagram anda. Kemudian, pilih simbol tiga garis hitam pada bagian kanan atas layar. Setelah itu, pilih setting atau pengaturan di bagian paling bawah.

Setelah anda masuk ke dalam setting, selanjutnya terdapat beberapa pilihan. Pilih tab account dan lakukan pergantian dengan switch to business. Jika sudah berhasil anda bisa menggunakan instagram insights untuk memulai menganalisa akun instagram bisnis.

 

Menggunakan Instagram Insights

Ketika akun anda telah beralih menjadi akun bisnis, maka anda sudah bisa menggunakan instagram insights. Di sini, anda dapat menemukan pilihan tab activity, content, dan audience. Ketiganya adalah tab yang terdapat dalam insights profil akun bisnis instagram anda.

Berikut cara mengaksesnya :

1. Masuk ke pengaturan dengan memilih simbol tiga baris hitam, setelah itu pilih tab insights (simbol diagram).

2. Selanjutnya, anda akan menemukan deretan tab berisi activity, content, dan audience.

 

1. Tab Content

instagram insight untuk strategi bisnis online tab content

Untuk tab content didalamnya terdapat kolom post yang merupakan jumlah konten yang telah anda bagikan di feed instagram. Konten tersebut berupa carousel post, photos, shopping post, dan video.

Di sini, juga akan ditunjukkan data-data terkait konten tersebut. Anda dapat mengetahui seberapa banyak akun yang dapat dijangkau konten tersebut, contohnya:

– Impressions adalah seberapa besar jumlah tayangan di setiap postingan yang dibagikan di feed instagram.

– Reach adalah total jumlah akun yang telah melihat postingan anda baik video atau foto.

– Engagement adalah total banyaknya interaksi seperti like, comment, share, dan saved pada sebuah postingan baik foto atau video.

– Replies adalah seberapa banyak akun yang membalas postingan anda.

Selanjutnya adalah kolom stories. Di kolom ini merupakan keseluruhan foto dan video yang pernah anda bagikan di stories. anda juga bisa mengetahui banyak hal diantaranya, terkait impression, reach, insights people, dan replies.

Lanjut dengan kolom Promotions. Disini kamu bisa melihat insights dari konten yang anda promosikan lewat iklan.

 

2. Tab Activity

instagram insight untuk strategi bisnis online tab activity

Pada bagian activity anda akan menemukan kolom interactions. Di sini, anda akan melihat jumlah aktivitas yang dilakukan orang lain terhadap postingan di instagram.

Tab lainnya yakni profile visits. Anda dapat melihat jumlah kunjungan ke akun instagram bisnis anda. Kemudian emails, dimana anda akan mengetahui banyaknya klik terhadap email yang ada di akun anda.

 

3. Tab Audience

instagram insight untuk strategi bisnis online tab audience

Pada tab audience anda akan mengetahui data audience atau akun yang telah mengunjungi instagram anda. Pada kolom growth anda akan mengetahui jumlah yang mem-follow atau unfollow akun anda pada periode waktu tertentu. Selain itu, anda juga bisa mengetahui persebaran data seperti wilayah, umur, jenis kelamin, dan keaktifan.

Setelah melakukan analisa dengan instagram insight tersebut, banyak kesimpulan yang anda dapatkan. Jika mendapatkan angka menurun misalnya pada engagement, reach, impression maka anda perlu memperbaiki strategi marketing yang sudah dijalankan. Jika seluruh angka menunjukkan kenaikkan maka anda tetap perlu mengembangkan strategi marketing. Pertahankan konsistensi content yang sudah anda buat. Update dengan content terbaru sehingga semakin banyak pengunjung yang tertarik dengan brand anda.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − one =