Google, Facebook, dan Instagram Larang Tayangan Iklan Masker Medis

Cegah Corona Dengan Bekerja Remote
March 17, 2020
Adakah Dampak Virus Corona terhadap Penjualan Online di Marketplace?
March 26, 2020
Show all

Wabah virus Corona-19 bukan saja berdampak pada aktivitas masyarakat tetapi juga penggunaan iklan digital. Baru-baru ini perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, membatasi penggunaan Ads (iklan) yang berkaitan dengan masker medis. Segala campaign bisnis yang bertautan dengan masker medis tidak bisa dipromosikan melalui fitur iklan Google untuk sementara waktu.

Seiring merebaknya virus Corona-19, penjualan masker medis memang terus meningkat pesat. Penggunaan masker sebetulnya diperuntukkan bagi orang yang sedang mengalami kondisi sakit. Namun fakta di lapangan, banyak orang yang menggunakan masker untuk pencegahan penularan virus tersebut.

Dialihbahasakan dari laman asiaone.com, di saat kondisi seperti ini Google menyebut promosi masker medis lewat iklan digital lebih sering disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hasil penelusuran pihak Google mendapatkan terjadi peningkatan iklan masker medis yang merupakan tindakan penipuan melalui iklan Google meskipun tidak menyebutkan tautan virus Corona-19 secara langsung.

Google dipastikan melarang iklan masker medis di tengah penyebaran virus Corona di seluruh dunia. Upaya ini dilakukan untuk menghentikan pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari disinformasi mengenai krisis kesehatan.

“Karena sangat berhati-hati, kami telah memutuskan untuk sementara waktu melarang semua iklan masker medis” ujar Juru Bicara Google.

Sebelumnya, bukan hanya Google, social media Facebook dan Instagram juga lebih dulu membatasi penggunaan iklan digital yang terkait dengan campaign masker medis. Keputusan itu pun diikuti oleh Google yang mengambil langkah dengan membatasi semua penggunaan campaign masker untuk beriklan yang bisa merugikan banyak orang. Selama beberapa bulan terakhir, kelangkaan masker telah terjadi di semua negara yang terdampak virus Corona-19. Alat pelindung pernapasan itu sulit ditemukan bahkan jika ada yang menjual dipastikan harganya hampir 10 kali lipat dari harga normal.

“Persediaan hampir habis, harga naik, dan kami menentang orang-orang yang mengeksploitasi darurat kesehatan masyarakat” tandasnya.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + nineteen =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp