fbpx
pentingnya website untuk usaha
Pentingnya website untuk usaha
October 14, 2017
Cara Ampuh Manajemen Sosial Media untuk Menunjang Bisnis Apapun
November 23, 2017
Show all
Cara Memasarkan Produk Secara Online

Anda mempunyai usaha yang menjual suatu produk? Namun anda ingin produk anda lebih dikenal lebih luas dibandingkan memasarkan secara offline yaitu dengan memasarkan produk secara online? Kali ini Digitalmarketer akan membahas bagaimana Cara Memasarkan Produk Secara Online yang baik dan tepat.

 

1. Miliki Website

Cara Memasarkan Produk Secara Online - Website

Ini yang paling utama, gunanya adalah tempat bernaung produk anda di internet. Calon pelanggan akan melihat dan mempelajari produk anda di suatu halaman.  Pada website anda akan dipasang informasi lengkap produk anda, cara pemesanan, cara pembayaran, dan informasi penting lainnya.

Dengan memiliki sebuah website yang berfokus pada produk anda merupakan nilai plus tersendiri dibandingkan dengan saingan anda yang tidak memiliki website resmi sendiri.

Baca Pentingnya Website untuk Usaha

 

2. Gunakan Sosial Media

fakta media sosial

Selain website, penggunaan sosial media yang aktif juga akan sangat berpengaruh pada pemasaran produk anda. Anda bayangkan jika anda ingin membeli suatu produk dari sosial media namun akun tersebut sudah tidak aktif atau last update nya 1 tahun yang lalu? Masih akan membeli? Pastinya tidak karena anda akan takut tertipu.

Agar lebih mudah, anda dapat memilih salah satu tools untuk manajemen sosial media dibawah ini.

  1. Bufferapp
  2. Hootsuite

Tools diatas berguna untuk anda memposting 1 konten langsung tersambung dengan banyak akun sosial media anda seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Anda juga dapat melakukan penjadwalan posting. Sehingga anda dapat membuat banyak konten sekaligus lalu konten tersebut bisa anda atur kapan waktu tayangnya. Sangat efesien? Ya Sangat efesien.

 

3. Promosi dengan Iklan Online

iklan online digital marketer

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan tools yang ada pada media sosial terbesar saat ini yaitu facebook dan instagram.

Anda akan dipastikan mendapatkan calon pelanggan pasti karena sasaran nya dapat anda pilih sesuai keinginan anda yang pastinya para pengguna produk tersebut. Anda dapat mengatur budget sesuai dengan kebutuhan anda, dan dapat diatur kapan waktu tayangnya.

 

4. Dipromosi dengan Akun Terkenal

Cara ini mungkin kurang kami rekomendasikan, karena sasarannya belum tentu tepat dan harganya bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Biasanya tergantung dari jumlah followers akun tersebut. Namun beberapa produk mungkin akan sangat ampuh jika menggunakan cara yang satu ini

 

5. Gunakan tools untuk analisis

Berikut merupakan tools analisis yang bermanfaat bagi pemasaran produk secara online:

  1. Google analytics, dengan tools ini anda akan mendapatkan data lengkap pengunjung website anda, mulai daerah mana, teknologi yang digunakan, usia, gender, halaman mana saja yang banyak dikunjungi, dan masih banyak lagi. Saat ini belum ada tools analisis untuk website yang sebaik google analytic.
  2. Google Trends, dengan tools ini anda dapat menganalisa trend apa saja yang sedang hangat yang berkaitan dengan produk anda. Anda dapat menggunakan trend ini untuk membuat suatu promosi tertentu.

 

6. Tools untuk Desain

Mungkin tidak semua orang memiliki kemampuan akan desain. Namun telah hadir tools mudah bagi siapa saja yang ingin membuat desain untuk memasarkan produknya di media sosial. Ukuran yang diberikan juga sudah fit dengan instagram, facebook, dan media sosial lainnya.

Tools ini adalah canva. Dengan canva anda sudah disediakan banyak sekali stok template yang bagus dan unik, anda dapat memodifikasinya dengan tulisan tertentu, dengan font yang anda sukai, menambahkan gambar sendiri, dan masih banyak lagi. Tools desain yang sangat powerfull untuk mendukung pemasaran produk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + nine =