fbpx

Mau Aman Belanja Di Marketplace? Lakukan 5 Hal Ini

Bisnis Franchise dan Digital Marketing
February 7, 2020
Show all

Jual beli online adalah transaksi paling mudah dan menguntungkan saat ini. Cara tersebut lebih disukai di zaman sekarang oleh pedagang dan pembeli yang perlahan meninggalkan model konvensional. Namun, seiring meningkatnya transaksi online, masalah lain pun muncul. Banyak kasus yang sering terjadi saat bertransaksi melalui toko online atau marketplace. Risiko yang biasa dihadapi pembeli yakni maraknya penipuan.

Seperti diketahui, pertumbuhan transaksi online berjalan semakin pesat. Salah satu faktor pendorong peningkatan transaksi tersebut adalah menjamurnya toko online atau marketplace. Bagi calon pembeli maka sebaiknya lebih berhati-hati saat ingin bertransaksi online. Anda harus lebih waspada agar tidak menjadi korban penyalahgunaan toko online atau marketplace.

Untuk menghindari kejahatan saat transaksi online, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cukup lakukan 5 hal ini, anda bisa terhindar dari risiko penipuan saat transaksi melalui toko online atau marketplace.

 

1. Belanja Di Marketplace Terpercaya

Sebelum memutuskan berbelanja, sebaiknya memperhatikan jenis platformnya. Selain marketplace, instagram dan facebook juga menjadi platform jual beli saat ini. Banyak marketplace terkenal dengan rating tinggi yang bisa menjadi referensi berbelanja seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppee, JD.id, atau Olx. Mereka merupakan perusahaan marketplace besar yang memiliki record penjualan tinggi dan sistem keamanan pembayaran. Marketplace tersebut bisa menjadi rujukan buat anda untuk berbelanja.

 

2. Perhatikan Review Penjual (seller)

Marketplace merupakan aplikasi yang memfasilitasi jual beli barang. Pada dasarnya marketplace bisa disebut toko online bagi pelaku bisnis. Marketplace biasanya menampilkan ulasan di setiap toko online. Oleh karena itu, pembeli (buyer) harus hati-hati memilih penjual (seller) yang ada di marketplace. Sebelum membeli, pastikan anda mengecek ulasan dan testimoni si penjual. Biasanya, pengunjung yang pernah membeli barang kepada seorang penjual akan memberikan testimoninya. Pilihlah toko online yang memiliki ulasan dan testimoni positif. Namun, ada cara berbeda jika anda menemukan toko online yang baru berjualan. Si penjual tentunya belum banyak atau tidak ada sama sekali ulasan dari pembeli sebelumnya. Anda boleh saja mencoba bertransaksi, namun disarankan membeli produknya yang dibanderol dengan harga murah.

 

3. Gunakan Rekening Bersama (Rekber)

Hampir semua marketplace besar menyediakan rekening bersama (Rekber) untuk transaksi pembayaran. Rekber merupakan sistem yang diberikan marketplace untuk keamanan pihak pembeli dan penjual. Ketika deal dengan penjual, pembeli akan melakukan transfer uang ke rekening bersama. Uang akan ditahan oleh Rekber marketplace selama proses pengiriman barang. Setelah barang sampai ditangan pembeli, maka uang baru akan diteruskan ke penjual. Keuntungan menggunakan rekening bersama adalah jika terjadi masalah seperti barang tidak dikirim, barang cacat atau tidak sesuai dengan keterangan, maka uang bisa kembali ke pembeli.

 

4. Jangan Tergoda Dengan Harga Murah

Siapa yang tidak tergiur dengan harga murah? Semua orang ingin membeli barang yang diinginkan dengan harga murah. Namun, sebaiknya hindari cara mengambil keputusan membeli barang dengan melihat dari harga saja. Anda boleh mencari dan membandingkan harga barang, namun tetap memperhatikan keamanan transaksi. Biasanya penipu di toko online sering menawarkan barang dengan harga yang tidak wajar. Hal ini harus anda waspadai. Caranya adalah pastikan barang dijual dengan harga relatif sama dengan toko online lain. Harga murah yang tak masuk akal justru sangat mencurigakan.

 

5. Minta Dan Cek Nomor Resi Pengiriman Ke Penjual

Saat transaksi online pasti membutuhkan jasa layanan pengiriman barang. Ada beberapa jasa layanan pengiriman barang yang bekerjasama dengan  marketplace seperti JNE, JNT, Tiki, Wahana, dan lain-lain. Jika anda melakukan transaksi di marketplace secara otomatis akan mendapatkan nomor resi pengiriman. Nomor resi tersebut akan ter-input dalam data transaksi. Pastikan, anda mengecek dan melacak pengiriman barang melalui input resi tersebut. Namun, lain halnya jika anda bertransaksi melalui toko online yang ada di Instagram atau Facebook. Jika sudah deal dengan penjual dan anda telah melakukan mentransfer uang, jangan lupa untuk meminta bukti resi. Bukti nomor resi wajib anda dapatkan dari penjual untuk memastikan barang sudah dikirim. Selain itu, anda juga bisa melacak proses pengiriman barang sampai nanti tiba di alamat pengiriman.

 

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 9 =

Our marketing team is here and ready to answer your questions. Ask us anything!