fbpx

Apa Hosting dan Domain itu?

5 Cara Memulai Bisnis Online
July 24, 2017
5 CMS Terbaik di Dunia - wordpress
5 CMS Terbaik di Dunia
October 11, 2017
Show all
apa sih hosting dan domain itu

Domain

Apasih domain itu? pastinya kalian udah sering banget denger kata ini. Secara sederhana domain diartikan sebagai sebuah nama atau alamat untuk mengunjungi sebuah website yang berada di suatu hosting. Contoh kalo kita mau ke facebook maka kita akan mengunjuginya lewat domain facebook.com.

Nah domain terdapat bermacam macam, sebenernya domain dibuat untuk lebih memudahkan kita dalam mengingat sebuah alamat untuk mengunjugi suatu website, bisa dibayangkan jika kita harus mengunjungi sebuah web dengan mengetikkan alamat IP nya, wah pasti bakalan ribet banget. Domain ada yang berbayar dan tidak berbayar alias gratisan lohh ! Domain yang berbayar seperti .com, .net, .org, dan lain-lain. Di indonesia kini harga domain berkisar sekitar 130rban. nah untuk domain gratis banyak juga penyedianya, bisa kalian search di google.

 

Hosting

Nah sekarang kita masuk ke apa itu hosting? sederhananya kalo misalkan domain itu diartikan sebagai alamat, maka hosting dapat diartikan sebagai rumahnya lho, jadi misalkan seseorang ingin main kerumah kamu, tentunya dia harus tau alamatnya, baru masuk kerumahnya. Nah dirumah ini lah segala informasi serta data-data dari website berada. Jadi makin besar hosting (paket premium atau bisnis biasanya) makin besar rumahnya.

 

Nah hosting ternyata terdiri dari banyak jenis, ada shared hosting, dedicated hosting,  dan cloud hosting.

  • Shared Hosting Service: Lebih baik dari Free Hosting Service, shared hosting relatif lebih stabil dan pelayanan yang diberikan lebih baik. Di sini website kita disimpan di CPU yang dipakai bersama dengan website lainnya, tetapi stabilitas website akan terjaga. Kelemahannya adalah ketika pengunjung mencapai batas resource penggunaan CPU, website kita akan down.
  • Dedicated Hosting Service: Yang ini hampir tidak mempunyai kelemahan, hanya saja biaya yang dikeluarkan relatif mahal. Di sini kita memakai full satu server untuk website kita sendiri. Semua bisa kita kontrol, termasuk install ulang server kita, konfig sana sini dan layanan super cepat dari Support Hosting.
  • Cloud Hosting Services: Kalau ini lebih powerfull lagi, jenis server ini masih sulit untuk ditemukan. Intinya jika satu server down, maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down.

 

Apa ada hosting gratis? tentu adaa, bisa kalian searching di google lagi. Di hosting kita bisa menginstall berbagai macam web, seperti company profile dan toko online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 2 =