Mengenal Apa itu Affiliate Marketing dan Manfaatnya

7 Kesalahan Bisnis Affiliate Marketing yang Bikin Cuan Melayang
7 Kesalahan Bisnis Affiliate Marketing yang Bikin Cuan Melayang
May 3, 2021
Mengenal Cryptocurrency yang Diprediksi Jadi Alat Pembayaran di Masa Depan
Mengenal Cryptocurrency yang Diprediksi Jadi Alat Pembayaran di Masa Depan
May 5, 2021
Show all
Mengenal Apa itu Affiliate Marketing dan Manfaatnya

Di era internet marketing, cara pemasaran sebuah produk kian beragam dan menarik. Mulai dari content marketing, social media marketing, hingga salah satu strategi pemasaran yang sedang booming saat ini yaitu affiliate marketing. Affiliate marketing menjadi cara pemasaran yang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Lalu, apa sih affiliate marketing itu? Dan apa manfaatnya bagi perusahaan atau sebuah brand?

 

Apa Itu Affiliate Marketing?

Dikutip dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa affiliate marketing merupakan cara seseorang mendapatkan uang dari mempromosikan sebuah produk atau layanan bisnis. Di sini, individu atau kelompok bisa bermitra dengan perusahaan/pedagang (merchant) untuk mendapatkan komisi dari hasil mempromosikan produk mereka sampai terjual ke konsumen. Cara kerja affiliate marketing atau afiliasi pemasaran hanya mengandalkan koneksi internet dan bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja.

Perlu diketahui, dalam sistem affiliate marketing umumnya terdapat tiga pihak yang berperan, diantaranya:

 

1. Affiliate

Affiliate merupakan pihak yang mempromosikan produk. Affiliate atau publisher akan berusaha mempengaruhi serta mengajak orang-orang untuk membeli sebuah produk. Sekarang ini ada beberapa pihak yang dapat dikategorikan sebagai affiliate marketing seperti blogger, vlogger, influencer, youtuber dan sebagainya.

 

2. Merchant

Merchant merupakan pihak yang memegang hak atas kepemilikan sebuah produk. Merchant bisa menjual produk apapun baik barang ataupun jasa.

 

3. Pelanggan

Pelanggan merupakan pihak yang disasar oleh affiliate sebagai target pembeli produk yang dipromosikan. Affiliate akan mendapatkan komisi (uang) jika pelanggan membeli produk yang mereka dipromosikan.

 

Manfaat Affiliate Marketing untuk Perusahaan/Brand

Apakah brand atau perusahaan membutuhkan jasa affiliate marketing? Tentu jawabannya, iya. Di zaman digital seperti sekarang, peran affiliate marketing akan mendongkrak penjualan dan menaikan value pada brand tersebut. Bukan hanya itu ada banyak keuntungan lain yang didapatkan dari metode affiliate marketing , diantaranya:

 

1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Metode affiliate marketing memiliki jangkauan pasar lebih luas serta karakteristik yang beragam. Pasalnya, sistem affiliate menjadi bisnis yang terbuka sehingga bukan hanya berpotensi menjangkau pasar dalam negeri tetapi juga luar negeri.

 

2. Bisa Menjual Semua Produk

Sebagai brand atau perusahaan, anda bisa memasarkan berbagai produk dengan bisnis affiliate marketing. Namun begitu, anda hanya perlu memperhatikan jenis affiliate yang digunakan sehingga dapat memaksimalkan pemasaran. Lakukan promosi sesuai dengan apa yang mereka pahami berpotensi penjualan produk akan berhasil.

 

3. Tidak Membutuhkan Karyawan

Manfaat affiliate marketing bagi brand atau perusahaan lain adalah tidak membutuhkan banyak karyawan. Dengan menggunakan bisnis affiliate ini perusahaan bisa memangkas jumlah karyawan. Selain itu, anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk menggaji sales serta meminimalisir budget pengeluaran marketing. Dengan hanya memberikan komisi untuk afiliasi, produk anda bisa diketahui oleh masyarakat luas. Anda juga bisa hanya memberikan sampel, afiliasi akan memasarkannya dan omset anda akan meningkat tajam.

 

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − six =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp