7 Kesalahan Bisnis Affiliate Marketing yang Bikin Cuan Melayang

Mengenal Cloud Hosting dan Kelebihannya Untuk Bisnis Online
October 23, 2020
Mengenal Apa itu Affiliate Marketing dan Manfaatnya
Mengenal Apa itu Affiliate Marketing dan Manfaatnya
May 5, 2021
Show all
7 Kesalahan Bisnis Affiliate Marketing yang Bikin Cuan Melayang

Dalam dunia bisnis online, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah affiliate marketing. Cara pemasaran ini sering dianggap sebagai ladang basah untuk mendatangkan keuntungan. Namun begitu, sebenarnya ada banyak tantangan yang mesti dihadapi dalam menjalankan bisnis affiliate marketing. Menjadi seorang affiliate kenyataannya tak semudah yang dibayangkan, lho.

 

Kesalahan Bisnis Affiliate Marketing

Ketika seseorang ingin mencari tambahan uang dengan menjadi affiliate marketer, maka ada banyak hal yang harus ia pelajari. Mereka harus memiliki banyak pengalaman dan melakukan split test berkali-kali sehingga menemukan teknik terbaik dalam menjalankan affiliate marketing. Namun bagi pemula, tentu hal wajar bila sering melakukan kesalahan saat menjalankannya. Bahkan, mereka yang sudah berpengalaman pun masih ada yang melakukan kesalahan.

 

Nah, berikut ini ada beberapa kesalahan yang biasa dilakukan saat menjalankan bisnis affiliate marketing.

 

1. Banyak Melakukan Hard Sell

Kesalahan dalam menjalankan affiliate marketing pertama adalah terlalu banyak melakukan hard selling. Hindari penggunaan kata hard selling pada link seperti “Order Sekarang”, “Beli Sekarang”, atau “Ayo Beli” karena akan terkesan memaksakan. Sebagai penggantinya, perbanyak konten dalam website Anda yang lebih mengedukasi pembaca sehingga membuat mereka tertarik membeli melalui link website Anda.

 

2. Ikut Program Affiliate Marketing Lain

Terlalu mengikuti program affiliate marketing lain bisa jadi kesalahan anda berikutnya. Sebagai pemula, tentu tidak ada larangan untuk mengikuti banyak program affiliate marketing. Namun, hal ini dapat membuat konsentrasi anda terpecah. Oleh karenanya, jangan terpengaruh terhadap program affiliate marketing lain dan fokuslah pada affiliate yang sedang anda jalankan sekarang.

 

3. Salah Pilih Program Afiliasi

Salah memilih program afiliasi bisa menjadi kekeliruan anda dalam menjalankan bisnis affiliate marketing di awal. Iming-iming komisi besar yang ditawarkan boleh jadi faktor yang membuat anda join dengan program afiliasi tersebut. Oleh karenanya, sebelum memilih program afiliasi, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu tentang produk yang ingin Anda jual. Setelah benar-benar yakin, Anda bisa memulainya dengan penuh semangat.

 

4. Tergoda dengan Affiliate Marketing Baru

Kesalahan lain dalam menjalankan bisnis affiliate marketing adalah tergoda dengan program affiliate baru. Umumnya, affiliate baru akan menawarkan kepada mereka yang mau bergabung dengan berbagai fitur dan bonus yang menggiurkan. Di sinilah, masih banyak affiliate marketer yang tergoda sehingga bisnis affiliate yang telah dijalankan menjadi tidak maksimal atau gagal.

 

5. Website Kurang Menarik

Bisnis affiliate marketing sangat mengandalkan website sebagai bagian dari promosi dan pencantuman link pembelian. Oleh karenanya, anda mesti perhatikan konten-konten di dalam website supaya dapat menarik pengunjung. Website juga akan lebih disukai pengunjung dengan menampilkan interface yang menarik serta tombol navigasi yang user friendly.

 

6. Tidak Punya Website Sendiri

Kesalahan dalam menjalankan bisnis affiliate marketing selanjutnya adalah tidak memiliki website sendiri. Sudah menjadi keharusan bagi yang menjalankan bisnis afiliasi untuk memiliki website pribadi. Dengan memiliki website, anda bisa bebas melakukan promosi produk dan membuat bermacam-macam review tentang produk tersebut. Selain sebagai identitas Anda, domain website Anda juga akan semakin terkenal sehingga produk-produk anda berpeluang terjual cepat.

 

7. Kurang Memperhatikan Link Affiliate

Kesalahan lainnya adalah tidak memperhatikan link affiliate. Dalam hal ini affiliate marketer tidak melacak link affiliate yang digunakan. Ini memang menjadi kesalahan kecil, namun anda tidak bisa mengetahui produk yang terjual. Dengan begitu, anda tidak bisa memaksimalkan dan melakukan scale up terhadap produk-produk tersebut. Padahal, momen ini menjadi goals anda untuk memprediksi keuntungan di masa depan. Supaya memudahkan dalam melacak link affiliate, anda bisa menggunakan layanan shortener url seperti bitly.com, goo.gl, dan sebagainya.

 

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + thirteen =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp