fbpx

Perkuat Bisnis Anda dengan 5 Trend Digital Marketing Tahun 2020

5 Tips Membangun Startup Sederhana Di 2020
January 27, 2020
4 Bisnis Online yang Menjanjikan di 2020
February 6, 2020
Show all

Trend digital marketing sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Perencanaan digital marketing yang tepat akan memaksimalkan pencarian dan peningkatan ketertahuan orang terhadap suatu produk. Hasilnya kombinasi kecanggihan teknologi dengan konten digital akan menjangkau target konsumen lebih luas.

Di tahun 2019 begitu dahsyat penggunaan digital marketing yang dilakukan oleh pemilik bisnis online atau perusahaan. Memahami perkembangan digital marketing akan menjadi solusi akselerasi dan penguatan pasar bisnis anda. Berikut prediksi trend digital marketing yang akan berkembang di tahun 2020.

 

Hyper Targeted Advertising

Hyper Targeted Advertising merupakan salah satu cara beriklan yang mungkin akan menjadi trend digital marketing 2020. Anda bisa melihat iklan digital sebuah produk yang berkali-kali muncul di beranda social media atau platform lain. Meski begitu, cara Iklan digital seperti ini kemungkinan akan diabaikan oleh orang-orang.

Berdasarkan riset dari Majalah Forbes, bahwa pesatnya koneksi digital yang luar biasa membuat iklan dari banyak merek produk membombardir layar smartphone pengguna yang tidak relevan dengan produk mereka. Tentunya cara ini kurang tepat sebab dari riset yang dilakukan bahwa kebanyakan orang lebih menyukai konten yang bagus.

 

Use of Private Messaging Apps

Tren Digital Marketing selanjutnya adalah melalui penggunaan Private Messaging Apps. Pemasaran digital ini akan lebih banyak diadopsi oleh banyak perusahaan. Pemanfaat Private Messaging Apps secara efektif akan mulai dilakukan oleh perusahaan yang beralih dari penggunaan email.

Private Messaging Apps di smartphone seperti WhatsApp, Viber dan WeChat dan sebagainya.akan menjadi media pemasaran digital berikutnya. Sebagai cara beriklan akan menggunakan aplikasi pesan pribadi dan grup pesan di dalamnya.

 

Chatbots Take Off

Aplikasi Chatbots biasanya digunakan oleh pelaku bisnis online. Selain itu, aplikasi ini juga sudah banyak diterapkan oleh marketplace di Indonesia. Chatbots sendiri merupakan sebuah sistem program yang secara otomatis akan berinteraksi dengan konsumen di situs web.

Chatbots sendiri memiliki cara kerja yang efektif. Chatbots dapat menjawab berbagai macam pertanyaan dari pengguna melalui teks atau suara secara real time. Di samping itu, penggunaan sistem ini juga akan mengefisiensikan pengeluaran perusahaan karena akan mengurangi kebutuhan customer service untuk menjawab pertanyaan pengunjung.

 

Voice-Powered Search

Voice-Powered Search merupakan sebuah teknologi dimana orang akan melakukan pencarian tidak menggunakan teks tetapi melalui suara. Seiring perkembangan teknologi saat ini terdapat  fitur pencarian melalui suara misalnya pada Google Assistant. Dengan fitur tersebut, anda dapat mencari berbagai hal atau menerjemahkan kalimat.

Di 2020, pencarian melalui suara akan memudahkan dalam bisnis dan menjadi trend digital. Kehadiran teknologi Voice-Powered Search akan menggantikan pencarian melalui teks. Orang akan lebih mudah ketika mencari sebuah barang dengan mengucapkan langsung tanpa mengetik nama barang yang ingin dicari. Bagi perusahaan atau pelaku bisnis online disarankan membuat dengan detail keterangan produk, agar mendukung dengan teknologi tersebut.

 

Artificial Intelligence

Kecanggihan teknologi akan melahirkan banyak fitur-fitur untuk mendongkrak digital marketing. Teknologi kecerdasan buatan atau yang sering dikenal Artificial Intelligence (AI) merupakan kekuatan utama dalam trend digital marketing di masa depan. Teknologi AI akan memudahkan pelaku bisnis atau perusahaan dalam menguasai pasar. Lebih dari itu, teknologi AI juga memudahkan pengelolaan bisnis sehingga dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas.

Salah satu kecanggihan AI dalam pengelolaan bisnis adalah teknologi Chatbots. Kecanggihan Chatbots untuk membalas chat dari pengunjung yang menanyakan suatu produk dengan cepat menjadi manfaat keberadaan AI sebagai teknologi marketing. Oleh karena itu, mungkin saja bila tahun 2020 akan ada banyak perusahaan berlomba-lomba membangun teknologi AI sendiri untuk digunakan sebagai digital marketing.

 

SEO

Secara umum Search Engine Optimization (SEO) merupakan strategi mengoptimalisasi sebuah website agar mudah ditemukan dengan sebuah kata kunci di mesin pencarian Google. Tujuan utama penggunaan SEO tentunya agar website berada di peringkat pertama mesin pencarian.

Namun seiring perkembangan teknologi bahwa terjadi pembaruan dengan algoritma yang dibuat Google. Kecanggihan Google membuat filterisasi konten semakin ketat. Secara sederhana bisa dianggap “Google mengetahui” mana konten berkualitas dan konten tidak berkualitas.

Pengoptimalan SEO Google sendiri dapat dilakukan dengan model yakni On Page dan Off Page. Ke depan, buat pebisnis yang ingin memaksimalkan digital marketing melalui SEO perlu memperhatikan kualitas konten dengan penggunaan dua model tersebut.  Perlu diketahui, Google semakin “pintar” dan memiliki algoritma baru untuk menentukan konten yang berkualitas.

 

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

Our marketing team is here and ready to answer your questions. Ask us anything!