5 Hal yang Harus Dilakukan Selama Bulan Ramadhan di Tengah Corona

Nggak Bisa Ngabuburit, Mending Ikut Kelas Digital Selama Ramadhan di Rumah Aja
May 4, 2020
Tokopedia dan Bukalapak Diretas, Jual-Beli Lewat E-commerce Masih Aman?
May 8, 2020
Show all

Pembatasan sosial akibat pandemi virus Corona (Covid-19) tampaknya mengubah suasana bulan Ramadhan menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bulan Ramadhan kali ini harus dijalani dengan segala keterbatasan dimana banyak aktivitas mesti dilakukan di rumah termasuk pelaksanaan ibadah. Selain sholat tarawih yang umumnya dilakukan bersama, semua tradisi lain selama Ramadhan seperti ngabuburit, sahur on the road, bekerja, bahkan belanja lebaran nanti juga harus dibatasi kegiatannya.

Pembatasan sosial nyatanya memang harus dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang sudah menyebabkan puluhan ribu orang terjangkit dan ratusan orang meninggal dunia. Mau tidak mau, dalam kondisi darurat bencana seperti ini masyarakat khususnya umat muslim harus siap merasakan suasana Ramadhan di rumah saja. 

Agar tidak bosan selama ramadhan di rumah, maka perlu diisi dengan kegiatan bermanfaat. Mengisi waktu di bulan Ramadhan harus dengan kegiatan yang dapat menambah ilmu baik ilmu agama maupun juga pengetahuan lain. Semuanya dikerjakan dengan harapan bisa menambah pahala dan kebaikan sesuai makna bulan Ramadhan itu sendiri.

Berikut ada beberapa aktivitas bermanfaat yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

 

1. Perbanyak Ibadah

Yang satu ini mungkin wajib dan harus diperbanyak selama bulan Ramadhan. Memperbanyak ibadah baik wajib maupun sunnah adalah perintah dalam agama Islam kepada umat muslim selama bulan Ramadhan. Jangan sampai kalian hanya menjalankan puasa tetapi mengabaikan hal lain seperti solat, mengaji, sedekah, dan lain-lain. Hanya berpuasa tanpa melaksanakan kewajiban tersebut justru kurang afdol selama Ramadhan. Intinya, kamu hanya menahan haus dan lapar tetapi tidak mendapat pahala apa-apa.

 

2. Mengelola Uang

Di bulan Ramadhan sebelumnya, mungkin kalian sering menghambur-hamburkan uang dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Nah, sebaiknya moment Ramadhan kali ini menjadi titik balik untuk lebih pintar mengelola uang. Karena semua aktivitas dilakukan di rumah, sekarang uang kamu bisa lebih banyak ditabung untuk masa depan. Pergunakan uang kamu sebaik-baiknya untuk yang bermanfaat misalnya sedekah, membeli kebutuhan pokok, atau nanti disisihkan untuk diberi ke orang yang kurang mampu. Jangan berlebihan membeli barang-barang saat lebaran. Ingat, bencana pandemi Covid-19 ini mengajarkan kepada kita untuk lebih bersyukur dan tidak boros, ya.

 

3. Mulai Berbisnis Online

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah bagi semua orang. Konon dalam sebuat riset pernah disebutkan, kalau tingkat perputaran uang tertinggi di Indonesia terjadi selama bulan Ramadhan dan lebaran. Oleh karenanya, tidak ada salahnya mencoba berbisnis atau berdagang meskipun terasa sulit tengah wabah Covid-19. Untuk mengakalinya, kalian bisa berjualan lewat online selama pandemi. Jualan online menjadi alternatif di saat orang dibatasi untuk keluar rumah karena wabah Covid-19 ini. 

 

 

4. Mencoba Hal-Hal Baru

Momen Ramadhan menjadi kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Selagi diam di rumah, Kamu bisa belajar dunia digital lebih dalam.  Jika pandemi Covid-19 berakhir kemungkinan adalah waktunya membangun ekonomi dan menata bisnis kembali. Pada waktu tersebut, kalian harus siap dengan skill baru terutama kemampuan digital marketing. Jika kalian tidak menguasai digital marketing, maka bisa dipelajarinya dari sekarang. Jangan sampai, kamu tidak bisa beradaptasi dengan ilmu bisnis baru selagi ekonomi nanti mulai bergerak naik.

Derasnya perkembangan internet mengubah cara promosi penjualan secara drastis. Internet telah melahirkan sebuah ekosistem digital marketing dengan berbagai kelebihannya. Hal ini membuat pebisnis berbondong-bondong mempelajari digital Marketing demi menjangkau pasar lebih luas yang bisa dikonversi sebagai profit bisnis bagi mereka. Skill digital marketing akan berkaitan dengan pengembangan bisnis online.

Digital marketing merupakan cara mempromosikan dan menjual produk dengan memaksimalkan penggunaan internet yang didalamnya terdapat beragam platform pendukung seperti Social Media, Digital Ads (Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads, dan Google Ads), SEO, Email marketing, Mobile marketing, dan masih banyak yang lain.

Jangan khawatir kalau masih bingung mempelajari Digital Marketing. Kamu bisa langsung berkonsultasi di sini.

Cara memperoleh ilmu digital bisa dengan mengikuti kelas-kelas online. Metode kelas online ini lebih dikenal dengan istilah Webinar. Dari program Webinar, kamu bisa menambah ilmu dan mengisi waktu selama Ramadhan. Belajar webinar lebih mudah dan praktis ketimbang Kamu rebahan selama menunggu waktu berbuka puasa . Buat kalian pekerja, pelajar, atau yang baru berhenti dari pekerjaan sekarang waktunya kamu menambah ilmu lewat webinar.

 

5. Refleksi diri

Tidak ada salahnya bila Kamu melakukan refleksi diri selama ramadhan ini. Dengan mengingat kesalahan yang pernah dilakukan, refleksi diri adalah cara tepat untuk memperbaiki diri. Refleksi diri membuat kita menyadari kesalahan-kesalahan di masa lalu, dan berpikir merencanakan hal baik untuk masa depan. Lakukan banyak hal positif yang membuat Kamu lebih berkembang dan selalu memiliki semangat baru. Jadikan ramadhan ini, sebagai momen refleksi semoga kalian agar menjadi pribadi lebih baik dan religius kedepannya.

 

Admin Digital Marketer
Admin Digital Marketer
Digital Marketer merupakan perusahaan digital marketing agency yang mengerti kebutuhan bisnis anda di bidang internet marketing. Tim kami didukung oleh para praktisi digital marketing berpengelaman dan telah bersertifikasi google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + twelve =

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp