fbpx

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Website yang Terbukti Aman dari Penalty Google

Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris
Cara Jualan Online di Facebook yang Pasti Laris
April 13, 2018

Ada banyak cara untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda, mulai dari cara curang seperti menyebar link spam, submit website kita di puluhan blog, memberikan email massal. Tapi percaya atau tidak, cara cara ini justru akan merugikan website Anda. Bahkan mungkin website Anda tidak akan muncul lagi di google search.

Namun ternyata ada cara yang terbukti efektif untuk meningkatkan pengunjung website yang terbukti aman dan telah kami praktekan selama ini. Berikut merupakan 5 cara yang akan kami jelaskan secara mendalam untuk teman teman semua.

 

1. Daftarkan website Anda ke Google Webmaster/ Google Search Console

Pertama pastikan website anda terdaftar di google, hal ini memudahkan google dan pastinya mempercepat website anda terindex oleh google. Kenapa hal ini penting? Jika website kamu muncul di google search, kemungkinan orang berkunjug akan sangat besar. Saat ini di tahun 2018 pengunjung website digitalmarketer.co.id mencapai puluhan ribu perbulannya.

Klik link berikut dan gunakan akun google kamu untuk mendaftarkan websitenya https://search.google.com/search-console/about.

 

Klik “Start Now

 

 

Lalu pilih “Tambah Property” selanjutnya tuliskan domain website Anda.

Setelahnya ikuti langkah langkah yang diberikan oleh google untuk verifikasi, jika Anda tidak mengerti untuk melakukan verifikasinya, silahkan hubungi programmer atau web developer yang membuat website Anda.

Jika sudah tidak bisa menghubungi web developernya, kami juga bisa membantu Anda untuk mendaftarkan website ke google. Silahkan hubungi tim kami disini.

Setelahnya jangan lupa untuk selalu update Sitemap.xml website Anda. Ini memudahkan google bot dalam meng-index seluruh halaman yang ada di website.

 

2. Kualitas lebih penting dibanding kuantitas untuk konten yang diberikan

Kualitas konten yang Anda terbitkan menjadi kunci utama untuk mendatangkan pengunjung, bahkan mendapatkan pengunjung yang loyal yang selalu mengunjungi website Anda.

Sebuah website dengan ratusan konten namun didalamnya tidak ada kualitas yang baik. Seperti copas konten dari website lain, menulis konten secara asal, judul konten yang tidak menarik, dan lain sebagainya membuat pengunjung akan segerea meninggalkan website Anda.

Lantas bagaimana membuat konten yang berkualitas?

 

  • Fokus pada niche website

Niche dalam pengertiannya yang mudah adalah Topik atau Fokus Pembahasan website.

Contohnya website yang menjual alat pancing. Pastinya di website itu akan membahas tentang ikan ikan, karakteristik pemancing yang baik, cara memilih alat pancing yang berkualitas, dan sebagainya. Pada website ini tidak akan membahas topik diluar pemancingan.

Hindari membuat website dengan konten gado-gado (konten tidak fokus). Kenapa menghindari? dikarenakan google akan sulit mengerti pembahasan website Anda dan dimana mengelompokannya.

 

  • Konten yang lebih lengkap dan unik dibanding website lain

Kumpulkan konten-konten yang berhubungan dari berbagai website lalu lengkapi.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat konten tentang cara sukses menjadi seller tokopedia.

Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah kumpulkan minimal 5-10 konten yang membahas tentang ini. Pelajari dan rangkum semuanya, tambahkan yang kurang. Orang lebih menyukai konten yang lebih lengkap dan bagus pemmbahasannya.

Langkah kedua adalah buat judul yang menarik. Jika kamu melakukan pencarian di google hal yang pertama kamu lihat adalah judulnya sebelum mengunjungi web tersebut.

 

 

Jika kita lihat apakah orang akan tertarik untuk melakukan klik jika judulnya biasa? Pastikan judul yang kamu buat lebih unik dan membuat orang penasaran orang dibanding para pesaing Anda. Sebagai contoh judul yang bisa kita berikan adalah

15 cara yang terbukti untuk menjadi seller sukses dalam waktu seminggu.

 

  • Pelajari Teknik Copywriting

Ini tahap akhir cara yang baik dalam membuat suatu konten. Copywriting adalah suatu teknik yang membuat pembaca Anda untuk melakukan suatu aksi tertentu. Sebagai contoh terdapat suat halaman yang menjual obat untuk darah tinggi.

Secara garis besarnya dalam konten tersebut akan menjabarkan hal seperti ini :

  1. Menjelasakan suatu masalah darah tinggi, ini dapat membuat orang yang memiliki permasalahan yang sama dan mereka tepat untuk teteap berada di konten ini dan meneruskan untuk membaca.
  2. Menjelaskan efek atau dampak dari masalah tersebut
  3. Menjelaskan bagaimana solusinya baik yang herbal ataupun melalui obat-obatan
  4. Anda menjelaskan produk Anda merupakan solusinya, dan Anda mampu memberi garansi hasil yang baik dalam waktu seminggu.
  5. Tombol/Button untuk menghubungi tim marketing Anda.

Inti dari copywriting dari kasusu ini adalah bagaimana Anda dapat meyakinkan pengunjung Anda untuk percaya bahwa produk Anda lah yang ampuh dan aman untuk mengatas permasalahan tersebut. Sehingga orang-orang akan membeli produk Anda.

 

3. Berikan dokumen/file yang berguna untuk orang

Cara yang ini merupakan cara yang memang sudah umum dilakukan oleh banyak orang dan memang masih terbukti ampuh untuk mendatangkan pengunjung.

Anda dapat membagikan sebuah dokumen atau file apapun (ingat harus sesuai dengan niche website Anda) yang berguna bagi semua orang.

Sebagai contoh website Anda membahas tentang review barang elektronik seperti pc, laptop, dan gadget lainnya. Anda dapat membagikan dokumen seperti :

  1. list harga pasar smartphone terbaik 2018
  2. Review lengkap Laptop Gaming kuartal pertama Tahun 2019

Bagikan secara gratis, dan promosikan secara tepat konten ini (akan dibahas pada poin berikutnya). Niscaya pengunjung anda akan meningkat dalam waktu cepat.

Kelemahan dari cara ini adalah mungkin pengunjung web Anda akan meningkat cukup pesat namun tidak stabil, dan mungkin cukup sulit untuk membuat pengunjung menjadi loyal terhadap website Anda.

 

4. Buat semua konten Anda mudah ditemukan Google (SEO Friendly)

Pastikan semua konten yang ada di website Anda SEO Friendly yang berarti web Anda dianggap baik secara SEO dan kemungkinan muncul di halaman pertama semakin besar.

Berikut hal yang minimal Anda lakukan untuk membuat konten yang SEO Friendly.

 

  • Buat URL yang baik dan mudah dibaca, hindari angka angka tidak jelas

Jika Anda menggunakan platform wordpress, pastikan permalink anda menggunakan “Post Name”. Masuk menu “Settings” dan Pilih “Permalinks”.

 

Selain orang dapat lebih mudah membaca url nya, ternyata google lebih menyukai hal ini, sebagai contoh di website digitalmarekter.co.id adalah seperti http://www.digitalmarketer.co.id/iklan-online/jasa-iklan-instagram/ untuk service iklan online yaitu salah satunya iklan instagram

 

  • Siapkan Meta untuk konten Anda

Siapkan meta title dan meta description. Jika Anda tidak mengerti bisa meminta tolong programmer atau web developer Anda. Mengapa ini penting? mari kita lihat google search.

 

Meta inilah yang akan dibaca pertama kali dan ditampilan oleh google kepada calon pengunjung Anda. Pastikan meta yang Anda cantumkan dapat menggambarkan isi konten Anda.

 

  • Gunakan Heading

Dalam sebuah pembuatan konten terdapat Heading, umumnya hampir semua Text Editor menyediakan fungsi ini secara mudah tanpa harus mengedit html nya.

Anda bisa memilihnya seperti pada gambar berikut jika menggunakan wordpress.

Fungsi dari heading ini adalah seperti Judul dan subjudul.

Jadi Heading 1 adalah judul utama, Heading 2 adalah sub judulnya, Heading 3 adalah sub judulnya lagi, dan seterusnya. Heading ini memudahkan google bot untuk mengerti isi konten Anda.

 

  • Berikan link building yang baik

Ini berkaitan dengan content marketing, sebagai contoh content yang membahas Tips liburan ke Lombok. dalam konten tersebut anda berikan link ke konten lain di website anda seperti Cara cepat membeli tiket pesawat.

Sehingga website Anda akan terlihat kaya akan konten. Dan pengunjung diberikan alur yang jelas dari konten konten Anda.

 

5. Promosikan konten Anda ke orang yang tepat

Ini langkah terakhir dan merupakan parameter keberhasilan konten Anda untuk diketahui banyak orang. Pastikan memang konten Anda dilihat orang yang tepat.

Jika konten Anda membahas tentang tips menjaga kesehatan Anak Balita.

Mungkin konten Anda akan dipandang jelek jika yang melihat adalah anak remaja atau laki laki yang belum menikah. Namun konten Anda akan terlihat menarik jika dilihat oleh Ibu ibu yang memiliki Anak kecil.

Lalu bagaimana caranya agar konten kita tepat sasaran?

Terdapat 2 Cara secara umum untuk melakukan promo konten Anda.

 

  • Lewat Sosial Media dan Forum

Cara ini harus dilakukan secara rajin dan cermat. Karena setiap Anda menerbitkan sebuah konten, Anda harus promosikan secara manual ke sosial media dan paltform lain. Berikut merupakan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

 

1. Posting di Sosial Media Grup berhubungan

Jangan langsung memberikan backlink untuk ke website Anda. Pastikan sebelumnya Anda memang aktif dan sering menjawab pertanyaan di grup tersebut. Jadi bangun dulu persona yang baik disana sampai Anda dikenal baik lalu berikan link website Anda ke grup tersebut di saat yang tepat.

Saat yang tepat misal Ada orang yang membahas sesuai dengan konten Anda, berikan cuplikan atau rangkuman dari konten Anda, lalu berikan untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi website.

Dan ini harus Anda lakukan di banyak sosial media seperti Facebook, Google +, dan lainnya.

 

2. Posting di Forum dengan kategori yang berhubungan

Sama seperti langkah sebelumnya, namun sedikit berbeda. Pastikan Anda memberikan banyak konten yang bermanfaat, sebagai contoh di setiap post yang Anda berikan di forum itu selipkan link ke website Anda. Namun jangan hanya website Anda, berikan juga sumber dari web lain.

Sehingga para pembaca lain akan mengerti bahwa maksud Anda memang tulus memberikan konten yang bermanfaat untuk mereka dan bukan hanya promosi web Anda.

 

  • Beriklan

Cara instannya adalah menggunakan iklan online, Anda bisa lihat informasi lebih lanjutnya di link service iklan online kami. Dengan menggunakan iklan online web Anda akan secara instan dilihat oleh ratusan hingga ribuan orang secara cepat dan tepat sasaran.

Jika ingin mempromosikan website akan lebih baik menggunakan iklan google adwords.

 

Dengan beriklan akan secara instan walaupun website Anda masih terbilang baru namun akan tetap dapat dilihat ribuan orang perharinya.

 

Yuk jangan lupa share ke temen temen Anda semua postingan ini, semoga bermanfaat dan selamat mempraktekan.

1 Comment

  1. Maullana says:

    Terimakasih atas tutorialnya.. Sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =